Barang apa yang wajib di bawa keluar negeri? | Buat yang mau liburan atau kuliah

Haloha Traveller,

Tulisan kali ini sedikit berbeda, karena edisi kali ini aku akan bahas soal barang apa sih yang wajib kita bawa kalau bepergian ke luar negeri? 

Buat kamu-kamu yang mau liburan atau berangkat buat kuliah ke luar negeri, apalagi ke UK, nah, ini dia nih list wajib banget untuk diperhatikan, dan ini sesuai pengalaman pribadi ya. Yukkk, langsung disimak, dicatat dan dipersiapkan barang-barangnya dari sekarang!

Pakaian Sesuai Musim!

Sebelum bepergian ke luar negeri, penting sekali buat teman-teman semuanya mencari tau di negara yang akan dituju tuh lagi musim apa sih? Kenapa? Supaya ga salah kostum tentunya. Kalau lagi musim panas atau semi, ya masih bisalah bawa pakaian yang biasa kita pakai di Indonesia, karena cuaca tidak terlalu dingin. Nah, kalau lagi musim gugur atau musim dingin, cuacanya sudah dingin, sedingin perasaaaaaaan ini. #eeeeeeeeh. So, kita wajib banget tuh bawa pakaian dingin. Pertanyaannya, berapa banyak sih yang perlu dibawa? 

Sesuai dengan pengalaman pribadi ni ya. Waktu berangkat buat sekolah ke UK bahkan pergi lagi buat liburan sama orang tua pada wisuda musim dingin, yang dibawa cuman sebiji dua biji. Kenapa? Pertama, beli baju musim dingin di Indonesia itu mahal-mahal, dan yang kedua tentu tebal sekali, bikin penuh koper jadi gabisa bawa persediaan makanan lainnya yang penting juga buat dibawa. So, kita cuman bawa 1 buat dipakai di pesawat sampai tiba di UK, trus 1 buat ganti. Selebihnya gimana?

Nah ini dia yang wajib banget teman-teman ketahui, di UK banyak banget toko yang disebut dengan Charity Shop, tempat menjual barang-barang, baju-baju bekas. No Kusut, No Bau Apek, No Rombeng, No Cabik Cabik ya guys.... Barangnya masih bagus-bagus, ada yang bermerek juga dan MURRRAHHHHH tentunya. Kita bisa dapat barang  dengan harga dibawah 100 ribu rupiah looooo. So, waktu itu aku ajak orang tua dihari pertama sampai UK langsung ke charity shop itu, mereka tinggal pilih-pilih deh mana yang pas dan sesuai, murah meriah bisa dapat banyak lagi. Begitu ya.... Mungkin bisa cari informasi dulu di negara tujuan ada ngga Charity Shop yang dimaksud ya! Biar kopernya mending dimasukin makanan dari Indonesia yang buaaanyaaak...

Bahan Makanan

Nah ini hal yang paling penting kawan, apalagi kalau lidahnya nasional abis ya macam saya. Gabisa makan ala bule bule, berasa hambar semua. So, wajib banget bawa berbagai macam rerempahan dan bahan makanan dari Indonesia, ya walau ga cukup buat persediaan dalam jangka waktu lama, paling engga bawalah buat bertahan. Ini ya list wajibnya, menurut pendapat saya yang seleranya kampungan ini:

Ini contoh bahan makanan yang aku bawa.... buanyak ya...
  1. INDOMIE! Mie goreng, mie kuah, mie gelas, berbagai macam dan jenis mie yang kamu suka, wajib dibawa. Emang di UK gada? ADA TAPI MAHAL. 1 bungkus 20ribu, mauu guys?
  2. TEH! Nah ini optional sih, karena aku ngerasa teh disini rada-rada engga pas ya di tenggorokan, aku selalu bawa teh dari Indonesia. Namanya Teh Gunung Satria, ada di Kalimantan. 5000 sekotak. Biasa bawa 4 kotak sekaligus. Yang suka kopi, coklat lainnya bawa juga.
  3. KRUPUK MENTAH! ya buat yang hobi banget makan krupuk, ini salah satu bahan makanan yang wajib anda bawa. Aku selalu bawa krupuk udang, belinjo/emping dan rengginang.
  4. TERASI! Wajib pemirsah buat yang suka ngulek. Tanpa terasi hidupmu tak akan sempurna.
  5. SAMBAL! Ini biasanya aku bawa sambal terasi botolan atau sambal bawang. Ini termasuk juga sambal tomat pedes BELIBIS. Wajib buat makan KFC di luar negeri yang sausnya ga sesempurna saus di Indonesia.
  6. KECAP! Kecap ini sih sebenarnya bisa ditemukan di toko-toko ASIA yang jualan di luar negeri, cuman yang bikin harus banget bawa dari Indonesia adalah beda merek. Kita suka banget BANGO, sementara yang dijual di UK merek lainnya.
  7. BUMBU-BUMBU! Ini segala macam jenis bumbu ya dari yang bumbu wujudnya beneran sampe yang bubuk. Yang berwujud beneran aku bawa kunyit, lengkuas, jahe, kemiri, kapulaga, daun lawang, cengkeh, pala, ketumbar, cabe merah kering, daun jeruk, daun salam, serai, dan daun pandan. Nah selebihnya bumbu sasetan ya, buat masak langsung jadi, misal bumbu opor, bumbu nasi goreng, bumbu rendang dan lainnya kalau mau praktis.
  8. IKAN ASIN! Nah ini penyelamat hidup dikala malas masak terus-terusan, kita bisa bawa jadi yang udah langsung dimasak di Indonesia atau ya bawa mentahannya. Penting ya! Apalagi teri medan permirsaaah. 
  9. TEPUNG BUNGKUS! Nah kalau tepung-tepungan ini aku bawa tepung bakwan, tepung pisang goreng, tepung mendoan, kalau tepung buat masak ala ayam KFC di UK ada.
  10. BAHAN AGAR-AGAR! Siapa tau suka, bawa juga. Soalnya ini ringan aja.
Tidak dianjurkan membawa daging ya, karena tidak diperbolehkan kalau ke UK. Kalau ikan asin mah saya sering bawa, aman sekali. Ada yang pernah bawa rendang ditahan di bandara rendangnya. Ada juga yang lolos kalau lagi beruntung. Jadi, mending yang daging-dagingan saya memang ga bawa. Tapi abon sih pernah bawa, aman. Untuk beras? aman.. di UK ada, enak-enak. Mahal memang, tapi ya gausah bawa beras juga ya. 

Obat-Obatan Pribadi

Well, di luar negeri khususnya di UK, kalau kita sakit seperti pusing, panas badan trus kita bawa ke dokter, hal yang paling sering kita temui jawabannya adalah disuruh pulang istirahat aja dan ga dikasih obat. Seeddihhh kan...... Kecuali kondisinya emergency banget ya. 

Obat-obatan yang dibawa.
Jadi buat kita yang biasa ngeresepin sendiri obat, mending bawa deh dari Indonesia. Minimal buat sakit perut (diare), sakit kepala, sakit gigi, nyeri, flu batuk, panas badan, vitamin, madu, saleb dan buat luka bawa hansaplast serta obat merah. Yaaa, semacam kotak P3K pribadilah ya, supaya aman. Apalagi kalau punya penyakit khusus seperti tekanan darah tinggi atau diabetes yang perlu minum obat tiap hari, wajib dibawa. 

Peralatan Khusus & Barang Elektronik

Bagian peralatan khusus ini merupakan barang-barang pribadi yang kira-kira susah dicari atau ribetlah nyari lagi di luar negeri, kalau bisa di bawa dari Indonesia, ringan dan murah, disarankan bawa aja. Ini contoh peralatan dan barang elektronik yang aku bawa dari Indonesia:
  1. Rice Cooker, ini aku bawa juga, beli baru banget yang mini buat masak sekiloan beras. Udah 3 tahun bertahan di UK, aman rice cooker-nya masih bisa kepake. Ada yang jual rice cooker di UK, tapi pencetan tombolnya bahasa China semua, ya kita ngga ngertikan ya, asal pencet aja nanti entah jadi bubur apa nasi beneran. Bahaya kan..
  2. Cobek Batu & Cobek Kayu, ini penyelamat banget di dapur apalagi aku hobi masak sama bumbu yang butuh di ulek. Ada sih namanya disini chopper, penghancur bebawangan, tapi kurang pas aja rasanya kalau ngga di ulek. Yekan....
  3. Tupperware'an, kalau ini aku bawa tempat bekal yang dari jaman kerja ada, jadi daripada beli lagi ya aku bawa aja buat naro bekal makanan waktu kuliah.
  4. Colokan & Extention Kabel, di luar negeri jenis colokan listrik itu beda-beda, ada yang 2 ada yang 3, jadi pelajari jenis colokan yang ada di negera yang akan dituju ya, biar bisa nyolokin tuh kabel charger hape laptop dll yang belinya di Indonesia.
  5. Senter, aku juga bingung sih ini kenapa bawa senter, hahaha. Intinya aku bawa aja buat jaga-jaga.
  6. Guling, ini di UK barang langka bener. Orang tuh tidur ga pakai guling. Jadi buat pecinta guling bawa dari Indonesia juga gapapa. Aku waktu itu dikasih sama temen yang di UK.
  7. Boneka Kesayangan, yang namanya kesayangan ya wajib di bawah atuh ya, asal jangan selemari juga bonekanya dibawa, aku cuman bawa 1. Bawa naik pesawat buat bantal senderan kepala, jadi ga masuk koper.
  8. LAPTOP, HAPE, CAMERA, beli barang -barang eletronik di UK mahal banget teman-teman, jadi mending beli dan di bawa dari Indonesia.
Alat Tulis

Nah buat yang studi ke luar negeri menurutku penting banget bawa alat tulis ke luar negeri, karena mahal bangeeeeetttt kalau beli ATK di luar negeri, sementara kita bisa dapat 5000 misalnya buat post-it, disini bisa 20 rebuan lebih. So, Ini list alat tulis yang aku bawa:
  1. Pulpen Aneka Warna 1 Kotak
  2. Spidol Aneka Warna 1 Kotak (Permanent dan White Board)
  3. Pensil Warna
  4. Pensil, Penghapus, Pengrautnya
  5. Aneka Penggaris 1 set
  6. Lem Kertas, Lem Lainnya
  7. Lakban Coklat Besar & Bening
  8. Double Tip
  9. Isolasi
  10. Materai 3000 & 6000 (Ini penting sih, apalagi yang punya urusan jarak jauh Indo - UK, dikit-dikit bikin surat kuasa dan surat pernyataan misal buat ke Bank di Indonesia)
  11. Post It Aneka Rupa Warna dan Besarnya
  12. Sign Sticker
  13. Cutter
  14. Gunting
So, itulah barang-barang yang wajib dibawa sama teman-teman yang mau ke luar negeri, khususnya ni ya yang mau ke UK. Kalau buat liburan doang ya dikit aja bawa. Kalau buat studi perlu dipertimbangkan semua yang di atas :)

Semangat!

Salam Hangat,
Buchu @nulisnya di salah satu gedung kampus suami, Cranfield University.

1 comment:

  1. Mba mau tanya dong: klo bawa cairan kya kecap atau sambal gtu diatas 100ml gak masalah klo dimasukkan ke bagasi?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.