[Pengalaman Magang] Awal mula perjalanan karir di ladang minyak dan gas

Halo Mahasiswa,

Tulisan kali ini  akan membahas seputar pengalaman magang. Kenapa? Karena dalam beberapa kesempatan sharing session bersama beberapa kelompok yang merupakan junior saya di Jurusan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) - FKM Undip atau OSH Forum, banyak menanyakan terkait pengalaman magang dimasa-masa kuliah S1 dulu, seperti:

"Ngapain aja? Dimana? Tantangannya apa aja? Dan pertanyaan lainnya.."

Nah, berikut tulisan spesialnya yang coba ditulis dengan menarik kembali kenangan magang 7 tahun yang lalu.

Waktu Kunjungan.....
Proses aplikasi/pendaftaran magang

Masuk semester 7, para mahasiswa sudah sibuk menyiapkan proposal magang ke berbagai macam tempat dengan berbagai macam pilihan, baik perusahaan swasta, BUMN, institusi pemerintahan seperti dinas kesehatan, rumah sakit dan lainnya. Namun ada satu tempat favorit dan incaran para mahasiswa yaitu perusahaan swasta yg bergerak dibidang minyak dan gas, serta pertambangan baik batubara, emas, nikel dan lainnya.  Berhubung yang akan magang ga cuman 1 atau 2 orang tapi banyak seisi kelas, ya ga mungkin juga semua submit proposal magangnya ke satu perusahaan besar terfavorit itu kan. So, ditahap ini ya benar2 dituntut untuk kreatif mencari tempat magang. Prinsipnya jangan jadi follower, karena semua maunya magang di Pertamina, Total, Freeport, Chevron yang merupakan perusahaan bergengsi misalnya, semua jadinya rebutan mau kesana, ya ga mungkin kan sekelas kesana semua. 

Jadi waktu itu daripada rebutan, saya berencana mencari tempat-tempat yang jarang menjadi pilihan namun tetap merupakan tempat yang baik untuk belajar sesuatu selama magang. Jadi, awal mula jatuh pada perusahaan tambang nikel di Sulawesi (*sekalian kan mainnya jauh keluar pulau yg belum pernah dikunjungi). Namun dalam masa persiapan, beberapa teman yg awalnya ingin magang ke sebuah perusahaan minyak dan gas di Kalimantan mengurungkan niat karena berbagai macam alasan, salah satunya belum siap menghadapi tantangan magang disana (*karena mendengarkan pengalaman magang senior sebelumnya yang dengan penuh tantangan, mungkin belum siap). So, karena gada yg mau kesana, yasudah saya yang maju. Waktu itu saya mencari 1 teman untuk bergabung, akhirnya dapatlah seorang teman magang perempuan tangguh juga yg siap bersama maju ke perusahaan tersebut. Long story short, kami diterima untuk magang di tempat tersebut.

                                                                 Sama temen magang...                                                           
Durasi Magang

Durasi magang yaitu 3 Bulan, dimulai pada tanggal 1 Januari 2011 - 31 Maret 2011.  
Setiap hari berada di site dan dipertengahan periode magang ada libur beberapa hari menuju ke Balikpapan. Setelah itu ya kembali lagi keperadaban :) 

Gambaran Lokasi Tempat magang 

Saat itu saya dan rekan magang saya ditempatkan disebuah site yg lumayan jauh dari kota Balikpapan. Site tersebut berdekatan dengan laut dimana kadang kami beberapa hari akan di tempatkan di platform akomodasi di laut. Site yang kami tempati di darat merupakan 1 buah lingkungan kawasan tersendiri, jadi masuk kedalam kawasan site tersebut tidak sembarangan dan dijaga ketat oleh security. Hanya orang2 yg memiliki kepentingan dan ijin saja yang diperbolehkan masuk. Di salam site tersebut ada perkantoran,  plant untuk proses minyak dan gas, workshop, tangki-tangki penampungan minyak, mess/penginapan, klinik kecil dan bangunan fasilitas umum lainnya untuk karyawan (seperti restaurant, ruang musik, ruang karaoke, Gym , dan lainya). Selama 3 bulan kami berada di site tersebut, sementara pegawai perusahaan tersebut memiliki roster 2 minggu off (tidak masuk kerja) dan 2 Minggu on (masuk Kerja). Jadi dalam 1 bulan kami akan bertemu 2 group kerja yg berbeda2 :) Sementara kami tetap mendekam cantik di site, *ga pake bosan. Hahha Sementara yang udah 2 minggu di site, hawa-hawanya ingin cepat-cepat pulang. Maklum ya mungkin karena ini pengalaman pertama kami banget masuk kesebuha lingkungan kerja dan melihat gimana sih dunia kerja, ya jadinya masih excited. Saking betahnya, sama karyawan2 disana diminta kita perpanjang lagi magangnya. Tapi ya ga mungkin, nanti kita ga lulus2 kuliah, magang aja terus... T.T

Melaut....
                                                          
Project magang

Pada saat awal mula magang, kita memang belum mengerti sepenuhnya apa yg akan dilakukan. Jadi, ga perlu kuatir. Dengan keterbatasan waktu kita selama magang dan kita dituntut untuk berbuat atau melakukan sesuatu, maka penting untuk membuat timeline project. Nah awal mula minggu pertama masuk magang gunakan secara baik untuk berdiskusi dengan mentor atau atasan langsung terkait permasalahan atau issue K3 (berhubung jurusannya K3) di tempat kerja. Sejak awal kita harus memiliki list terkait topik2 yg mau kita angkat lalu kita bisa tawarkan sebagai solusi jika seandainya cocok. Jika tidak, tenang saja, karena pasti mentor akan arahkan project apa yg harus dilakukan. Kunci utamanya adalah inisitif untuk bertanya. Gunakan juga minggu pertama masuk untuk orientasi atau pengenalan tempat kerja dan pekerjaan apa saja yang dilakukan di tempat kita bekerja sebagai gambaran awal dan bahkan mungkin saat orientasi kita mendapatkan inspirasi. Sama seperti yg saya lakukan saat magang, saya mendapatkan inspirasi unutk melakukan program terkait Heat Stress, karena area disana panas, banyak juga pekerja-pekerja di workshop yg bekerja dengan kondisi suhu panas yang diakibatkan oleh mesin yg digunakan. Kondisi tersebut membuat saya melakukan pengukuran dan melakukan Heat Stress mapping, serta membuat rekomendasi apa yg bisa dilakukan oleh pihak perusahaan. Finally, itu merupakan project utama saya, namun diluar itu saya juga menawarkan diri melakukan hal2 lainnya, misal meng-update dan me-review JSA (Job Safety Analysis) yg sudah ada, dan  pekerjaan lainnya. Jadi usahakan banyak hal yg bisa dilakukan selama magang.

Lagi ngerjain project magang...
                                                    
Kegiatan diluar aktivitas kantor

Kegiatan diluar urusan magang cukup banyak seperti rutin mengikuti jadwal aerobik disite dimana semua karyawan diminta mengikuti kegiatan tersebut. Ada juga komunitas musik, jadi pulang kerja bisa langsung ke studio musik yg ada disite bergabung bersama anak-anak muda disana. Ada juga tempat nge-gym jadi bisa ikutan nge-gym. Minggu sore bisa keluar site untuk ke gereja yang berada di area perkampungan dekat dengan gerbang utama site. Selasa malam ada pasar malam, so kita diijinkan keluar site dengan di dampingi karyawan lainnya untuk berbelanja jajanan atau kebutuhan lainnya yg akan dibawa ke mess. Jadi  sebenarnya cukup banyak kegiatan yg membuat kita tidak akan bosan selama magang, asal mau bergaul sama karyawan2 lainnya ya :)


Pulang kerja nyanyi dulu....
Nyanyi Juga....
Ini lagi dilaut, malam-malam nongkrong sambil liat air dan gelombangnya ^^.
Perpisahan Sama karyawan direstaurant yg setia menyiapkan makanan-makanan enak..
Perpisahan sama petugas cleaning servicenya...
                                              
Challenge/Tantangan dan bagaimana menghadapinya

Saat menjalani magang bahkan sebelum menjalani pun sudah menghadapi berbagai macaam tantangan. Sebelum magang, tantangan paling utama adalah ya soal proposal magang di terima ngga ya sama perusahaan yg dituju serta mendapatkan teman yg dirasa cocok untuk bekerja sama saat melaksanakan program magang. Saat magang sendiri tantangannya beragam. Berikut beberapa yang diingat dan bagaimana menghadapinya;

1. Menentukan tema atau topik untuk project magang, diawal proses ini terasa cukup berat karena masih bingung banget mau ngerjain apa ya sebagai tema atau topik utama yg harus dikerjakan selama magang. Sementara kita ga tau apa yg dibutuhkan oleh perusahaan dan apa masalah yg bisa kita bantu selesaikan melalui program magang. Untungnya kebingungan ini ga berlangsung lama, karena disiasati dengan berdiskusi langsung bersama mentor terkait topik apa yg cocok. Lalu diawal kita sudah siapkan kira2 topik atau program apa yg bisa kita tawarkan selama proses magang. Hasil diskusi bersama mentor di tempat magang bisa membantu kita menetunkan kita mau ngerjain apa. Nah jangan lupa mintalah diminggu pertama untuk jadwal orientasi ke semua area, fasilitas dan pekerjaan yg ada diperusahaan tersebut. Sekalian momen untuk mengidentifikasi masalah apa yg ada di perusahaan tsb terkait jurusan yang kita ambil, jadi kita bisa dapat ide atau inspirasi untuk topik magang pada minggu awal orientasi untuk selanjutnya didiskusinya bersama mentor.

2. Bahasa Inggirs, kenapa? Karena beberapa atasan adalah seorang expatriate atau bule. Hari pertama kerja kita berkenalan kesemua atasan, nah kaget banget ternyata ada bos bulenya. Berhubung bahasa inggris pas-pasan pada saat magang, jadi ga banyak yg bisa didiskusikan apalagi sambil deg-degan dan belum siap mental. Jaid, lebih banyak senyum daripada ngomongnya, ahhaha.. Dan keesokan harinya kita sudah mulai disiapkan mental dan belajar2 lagi bahasa inggrisnya untuk daily conversation. Kita juga membuat presentasi laporan magang dalam bahasa inggris sebagai bahan latihan. 

3. Perdebatan dan perbedaan pendapat selama magang itu pasti ada. Bukan hanya dengan teman magang tapi juga bisa saja terjadi kepada karyawan yang ada di tempat kita magang. Usahakan untuk bisa berkomunikasi secara baik, menyampaikan pendapat secara baik, saling mendengar, dan menurunkan ego. Saling supoort untuk setiap kendala yg dihadapi, bisa saja project kita lancar sementara project teman magang ada yg terkendala, kita harus saling mensupport. Demikian sebaliknya, jika project kita yg terkendala jangan sungkan untuk meminta support dari rekan magang atau karyawan yg dirasa bisa mensupport. Bertanyalah kalau tidak tahu bukannya menahan malu karena ketidaktahuan.

Nah... sebenarnya masih banyak lagi tantangan-tantangan lainnya, namun yang paling penting, pesannya adalah "tidak ada tantangan yg tidak bisa diatasi selama kita mau belajar."

So, buat yang mau magang berikut beberapa tips:

Tips buat mahasiswa:

1. Ga perlu rebutan tempat magang. Inilah pesan yg selalu saya berikan buat ade-ade junior soal magang. Kenapa? Karena saya mengalami sendiri pada saat proses wawancara kerja bahwa yg paling banyak ditanyakan adalah bukan soal magangnya dimana? namun, saat magang udah ngerjain apa aja? So, percuma juga kan magang di tempat yg bagus tapi ya engga ngapa-ngapain. Jadi, point terpenting adalah lakukanlah banyak hal bermanfaat selama diberikan kesempatan magang, dimanapun itu.

2. Mandiri penting! Jangan berharap temen magang akan membantu kita mengerjakan pekerjaan2 yg menjadi tanggung jawab kita atau berharap karyawan-karyawan akan fully support kemanapun kita mau pergi apapun yg kita kerjakan, karena dalam beberapa kondisi kita dituntut untuk melakukan banyak hal sendiri, bertemu orang2 penting sendiri, dealing sama orang2 yg sulit sendiri. Jadi bersiaplah, mandiri! Jika pada akhirnya tidak ada yg bisa membantu.

3. Fisik yang kuat dan sehat sangat diperlukan saat magang, karena banyak aktivitas yang akan dilakukan. So, jagalah kesehatan, usahakan asupan makanan bergizi saat magang, jika disediakan oleh perusahaan sih ok, ga masalah, karena makanannya bergizi. Namun ada beberapa kondisi ditempat magang kita nyari makanan sendiri, jadi berhati2lah jangan jajan sembarangan. Dan rutin berolahraga, ikutilah kegiatan-kegiatan olahraga di tempat magang.

4. Kemampuan berkomunikasi atau public speaking itu penting. Karena saat magang kita punya pengalaman diminta mempresentasikan atau sharing sebuah materi pada saat momen Safety Meeting atau pada kesempatan lainnyaHal yg paling tidak mungkin saya jawab adalah "Maaf pak, belum siap atau Maaf pak, tidak siap". Jadi ya harus selalu memberikan jawaban "siap laksanakan". So, latihanlah dikelas untuk presentasi atau menyampaikan materi, atau bisa latihan disebuah kelompok belajar. Dan jangan lupa siapkan beberapa topik terkait materi yg dikuasai, siapa tau diminta sharing, kita sudah siap. Nah, unutk materi public speking, bisa di cek-cek di link ini, spesial juga di tulis untuk mahasiswa: http://gustinabuchu.blogspot.co.id/2016/09/materi-public-speaking-class-mahasiswa.html

5, Bertanggung jawablah pada setiap tugas atau pekerjaan yang diperintahkan atau diberikan kepada kita. Jangan sampai ada tugas-tugas yg terlewatkan. Oleh karena itu buatlah timeline atau kalender activity sebagai acuan kita selama magang. Sehingga waktu bisa digunakan secara baik dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas kita.

6. Creative, Innovative, and leave your legacy! Berikanlah ide-ide atau gagasan-gagasan dalam setiap diskusi atau kesempatan apapun itu. Secara khusus lewat tugas-tugas atau project yang diselesaikan. Usahakan dengan waktu yang singkat di tempat tersebut, kita bisa meninggalkan karya atau kontribusi yang bisa berguna dan diingat sepanjang waktu. Jangan bekerja hanya karena disuruh, usahakan bekerja atas dasar inisiative dan karena itu merupakan ide dan gagasan kita (dan tentunya disetujui pihak perusahaan ^^).

Well, semoga tulisan ini bermanfaat buat ade-ade mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk magang.

Berkarya Selalu!

Regards
Buchu

7 comments:

  1. Salam kenal mbak :)
    Terima kasih sudah menceritakan kisahnya,
    kebetulan saat ini saya mahasiswa K3 tingkat akhir yang akan magang dalam waktu dekat :)
    Sukses selalu ya mbak, doakan saya bisa seperti mbak aamiin :)

    ReplyDelete
  2. Prediksi Togel Mekong 3 Juni 2020 <a href="https://indextogel.org/prediksi-togel/prediksi-togel-mekong-3-juni-2020/ </a> Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    ReplyDelete
  3. Gabung Yuk Di Ligasuper88 Bandar Taruhan Online Paling Top
    ------------------------------------------
    ☑ Sportsbook
    ☑ Live Casino
    ☑ Slot Online
    ☑ Sabung Ayam
    ☑ Tembak Ikan
    ☑ Toto Draw
    ------------------------------------------
    🧧 New Member Sportsbook 30%
    🧧 New Member Casino 30%
    🧧 New Member Slot 50%
    🧧 Cashback Sportsbook 10%
    🧧 Rollingan Casino 1%
    🧧 Rollingan Slot 1%
    ------------------------------------------
    💰 Min. DP 25.000
    💰 Min. WD 50.000
    ------------------------------------------
    📲 Whatsaap :+85561375501
    📲 Line : Ligasuper88
    🌐 Www. Ligasuper88 .Com

    ReplyDelete
  4. Gabung Yuk Di Ligasuper88 Bandar Taruhan Online Paling Top
    ------------------------------------------
    ☑ Sportsbook
    ☑ Live Casino
    ☑ Slot Online
    ☑ Sabung Ayam
    ☑ Tembak Ikan
    ☑ Toto Draw
    ------------------------------------------
    🧧 New Member Sportsbook 30%
    🧧 New Member Casino 30%
    🧧 New Member Slot 50%
    🧧 Cashback Sportsbook 10%
    🧧 Rollingan Casino 1%
    🧧 Rollingan Slot 1%
    ------------------------------------------
    💰 Min. DP 25.000
    💰 Min. WD 50.000
    ------------------------------------------
    📲 Whatsaap :+85561375501
    📲 Line : Ligasuper88
    🌐 Www. Ligasuper88 .Com

    ReplyDelete
  5. Promo Spesial Bonus 100% !

    Daftar Judi CASINO Online Terpercaya di Indonesia Disitus Bolavita sekarang juga !

    Menyediakan Minimal Deposit & Withdraw yang relatif murah... Hanya Rp 50.000,- Menjamin keamanan dan kenyamanan anda bermain !

    Proses transaksi penarikan dana dan deposit tidak sampai 5 menit ! Mengutamakan kenyamanan dan keamanan para member !

    Menyediakan transaksi yang cukup lengkap, seperti Ovo, Gopay, Linkaja, Dana, Pulsa dan Semua Jenis rekening Yang ada di Indonesia.

    Selain Menyediakan Casino Live, Juga menyediakan permainan lainnya yang lengkap dan populer !
    Anda bisa langsung mengklaim Bonus 100% !

    Untuk Informasi selengkapnya, Jangan Sungkan Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak atas sharingnya, banyak tips yang bisa saya terapkan di magang ke 2 saya nanti apalagi ini bakal akan jadi career path saya jadi harus betul-betul melakukan sunggunw dan memberikan yg terbaik. Siapatau direkrut pas udah lulus S1 nanti hehe

    ReplyDelete
  7. jangan lewatkan kesempatan dapat keuntungan ratusan juta rupiah setiap hari dari situs resmi 8TOGEL segera daftar dan main sekarang juga

    ReplyDelete

Powered by Blogger.