Pengalaman Membuat VISA Schengen di Inggris, UK - Berhasil, Walau Penuh Drama dan Lika Liku

Halo Pejuang VISA,

Akhirnya, nulis blog lagi nih. Karena kayanya topik kali ini penting buat ditulis dan banyak yang menanyakan juga. Gimana sih pengalaman membuat VISA Schengen buat warga Indonesia yang ada di Inggris? Bisa ngga tanpa harus balik ke Indonesia buat Apply? Syaratnya apa saja? dan pertanyaan lainnya.

Mari kita bahas satu persatu ya. Berhubung ini pengalaman bikin VISA paling ribet buat saya dan suami *karena biasanya lancar jaya aja tanpa kendala ya, kali ini buuuunyak dramanya. Tapi tenang, ga rugi buat dibaca karena berhasiiilllll juga daapat VISA Schengennya :), kisah dramanya buat pengalaman aja supaya tidak terjadi pada teman-teman.

Ini nih VISA Schengennya
Okay... kita mulai dengan Apply-nya gimana dulu ya.

DAFTAR ONLINE via WEBSITE FRANCE

Kita berencana masuk wilayah Schengen via  Perancis, jadi kita harus mendaftar lewat website France - Visas di link ini: https://france-visas.gouv.fr/en_US/web/france-visas . Ini link baru digunakan khusus bagi yang mau apply VISA Schengen via France. DI link tersebut kita membuat akun dan mengisi form aplikasi. Saran: Ikuti dan jawab semua pertanyaan yang ada di website tersebut (yang dimulai dengan pertanyaan Do You Need a Visa?) hingga nanti diarahkan ke jenis visa apa kita akan ajukan. Jadi jangan ada yang dilewatin ya. Nah setelah menjawab pertanyaan demi pertanyaan, sampailah kami pada pilihan jenis short stay visa (kurang dari 90 hari kunjungan) dan tipenya untuk student *karena status suami masih student di UK. Nah kalau anda statusnya Turis di UK, ya gabisa apply ya gengs.


Setelah itu kita akan diarahkan mengisi form aplikasi visa yang dimaksud. Isilah data dengan benar dan teliti. Pastikan kita memiliki waktu yang cukup untuk mengisi data-data ini supaya tidak tergesa-gesa. Untuk pengisian form sendiri, tidak harus dalam sehari langsung submit, jadi bisa kita simpan dan isi lagi keesokan harinya. Data penting yang diminta salah satunya adalah dimana alamat kita akan menginap di negara tujuan, so pastikan sudah tau ya alamat akomodasinya. Kalau sudah lengkap semua, kita bisa klik submit aplikasi. Setelah itu kita tidak membayar apapun karena nanti bayar biaya pendaftarannya langsung di tempat appoinment. Jadi agak beda ya prosesnya dengan apply VISA UK. Nah, sesuah submit form aplikasi kita akan diarahkan menuju website TLS sebagai salah satu agen atau mitra resmi dimana kita akan membuat jadwal Appointment untuk penyerahan dokumen dan Biometric.

MEMBUAT APPOINTMENT VIA TLS WEBSITE

Di UK sendiri ada beberapa kantor cabang TLS, yaitu di London (salah satu tempat yang selalu ramai), Machester, dan Edinburgh. Nah, kami pilih di TLS Manchester karena appoinmentnya yang paling cepat bisa kami dapatkan. Yang lain masih nunggu sebulan lebih dari hari dimana kita submit form aplikasi. Jadi ya ga kekejar ya waktu liburannya. Nah ini saran juga, lebih baik apply jauh-jauh hari, jangan mepet sama jadwal liburannya. 

Nah ini link TLS Manchester https://fr.tlscontact.com/gb/mnc/index.php , pastikan tidak salah alamat link ya dalam membuat akun TLSnya. Karena masing-masing TLS bikin akun masing-masing alias satu TLS satu akun. Setelah membuat akun di TLS Manchester, kita langsung create appoinment, nah supaya bisa create appoinment diperlukan nomor registrasi pendaftaran Visa Aplikasi di Website France-Visas tadi ya. So, tahapannya harus isi form dulu baru bisa bikin appoinment. 

Setelah membuat appoinment, ya beres. Tinggal siapkan dokumen apa saja yang perlu dibawa ditanggal appoinment tersebut. Sampai disini proses masih lancara saudara-saudara.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

Sekarang kita siapkan dokumennya ya apa saja:

  1. Form Visa Aplikasi, jangan lupa di print ini ya. Setelah submit form aplikasi online jangan lupa unduh atau download form-form yang disarankan di download.
  2. Registration Receipt, ini juga salah satu dokumen yang akan muncul saat kita submit form aplikasi. So jangan lupa di print.
  3. Visa Appoinment Confirmation, nah yang ini kita dapatkan saat setelah melakukan appoinment di website TLS.
  4. Paspor, bawalah paspor lama dan baru anda. Apalagi jika di paspor lama ada tertera VISA Schengen sebelumnya (maksudnya udah pernah ada dulu).
  5. Foto, kalau foto waktu itu kita bawa 5 lembar yang diambil 2 aja. Itupun fotonya di photobooth gitu khusus untuk VISA. Bayar GBP 6 1 orang dimesin tersebut.
  6. Bukti Akomodasi, ini adalah booking confirmation untuk hotel dimana kita akan menginap. Kami waktu itu pesan di booking.com cari yang free cancellation jadi ya kalau ga jadi ya ga bayar ya. Kalau kita menginap di tempat teman atau saudara, pastikan kita minta surat or cover letter dari si teman dan saudara kita ini yang menampung kita. *karena waktu itu kita berencana mau nginap sehari ditemen, trus ditanyain ada ngga surat pengantar dari temannya itu.
  7. Tiket PP, nah untuk tiket PP ini di UK susah cari yang namanya dummy tiket alias tiket yang confirmed tapi ga harus bayar dulu di depan, tapi hangus dalam waktu 3 hari kalau belum dibayar. Jadi ini kita harus beneran beli tiket, yang mana jarang juga ada jenis refundable tiket ya. Jadi kalau batal ya hangus tu duit. Saran sih ya.. kalau memang pasti banget dan yakin banget dapat waktu apply juga mepet, bisa beli tiket sesuai keinginan. Kalau engga, ya beli yg murah aja dalam hal ini sih tiket bus PP London - Paris itu murah banget. Jadi kalau hangus ya ga rugi-rugi banyak tapi tetap rugi cuy, dikit. hehehe
  8. Student ID Suami
  9. BRP - Residence Permit UK - Suami Istri
  10. Akta Nikah - Suami Istri
  11. Itinerary - rencana perjalanan
  12. Cover Letter - Suami
  13. Bank Statement - Suami Istri
  14. Travel Insurance
Nah, sejauh yang saya ingat, itu aja sih dokumen yang diperlukan.

TIBALAH DI HARI APPOINTMENT

Kita menuju Manchester dari Cranfield, nyetir sekitar 3 sampai 4 jam. Sampai di kantor TLS, kita antri buat masuk. HP harus dimatikan di dalam dan duduk antri tunggu dipangil ke loket sesuai nomor antrian. Saya dan suami walau beda nomor antrian tapi tetap diminta ke loket yang sama secara bersamaan. Tibalah kita dipanggil ke loket 3 *ingat banget yekan ketemu mas mas ini yang super duper astaga. *bentar.. drama belom dimulai. hahaha

KIta serahkan dokumen-dokumen kita. Dan masnya luaaamma banget ngecek, seolah olah nampak teliti kali yekan. Kita sampai bosan karena loket yang disebelah kita tuh cepet banget prosesnya. Kaya sudah melayani 3 sampai 4 orang, sementara kita juga belom selesai-selesai. Sabar aja bumil ya. Nah akhirnya, everything is okay kan katanya, kita disuruh bayar ke loket pembayaran, setelah itu saya di minta Biometric (foto dan sidik jari diruangan lain) sementara suami engga karena katanya sudah pernah punya VISA Schengen dalam 5 tahun terakhir dan data biometricnya masih ada terekam. So suami nunngu diluar sementara saya yang melakukan proses biometric. Setelah itu semua aman dan lancar. Selesai *ceritanya... proses pengajuan aplikasi ini. Tinggal nunggu hasil dan paspor kita dikirim ke alamat kita karena kita pilih opsi yang paspornya dikirim ke alamat bukan kita yang ambil.

Beres kan sampai disini....

BABAK DRAMA YANG TERJADI

Drama itu terjadi pemirsah ketika kita menanti ini paspor ko ngga datang-datang ya ke alamat. Katanya sekitar 7  hari kerja. Kita tunggu-tunggu gada kabar, akhirnya kita call TLSnya. Dan.... taraaaaaangggggg, setelah ditelpon, mereka baru email kalau dokumen kita dikembalikan oleh pihak kedutaan ke TLS belum di proses karena katanya Paspor Baru kami belom di Tandatangani bagian belakangnya. Astagaaaaaaaa.......... kenapa baru dikasih tau dan ngasih taunya setelah kami telpon, bukannya pas dokumen itu balik ke TLS langsung call kami, itu dokumen didiemin dolo beberapa hari dimereke. Syedih guys. Geram dan gemas.

Besoknya kita ke Manchester nyetir 4 jam cuman buat TTD Paspor dong. KIta protes kenapa baru dikasih tau dan kenapa masssssss-nya yang di loket 3 doloooo ga ngecek juga, padahal kami lamaaaa banget disitu, dia bolak balik ngecek dokumen dan semuanya ok katanya. *kan kita jadi nyalahin masnya ya. hahahahha *gemes. Walau kita juga teledor sih ngga ngeh juga itu ya namanya juga paspor baru setelah 5 tahun, mana ngarti yekan harus di TTD bagian belakangnya.

Setelah protes, segala maacam rupa.... karena tiket pesawat kita kan jadi hangus guys. Syedih. Akhirnya kita disuruh masuk premium lounge, *sebagai permintaan maaf mereka kali ya, nah disitu kita bebas buka hape buat beli tiket lagi dan pesan akomodasi lagi. Trus ngeprint gratis.

Ok, sabar aja.. disinilah kita berpikir keras, kayanya kita beli tiket bus PP aja yang paling murah daripada beli tiket pesawat lagi trus tiba-tiba hangus lagi yakan rugi bandar. Jadi kita masukin lagi itu lampiran yang baru tiket dan akomodasi.

Sebelum pulang kita pastikan semua aman, kita dilayani sama Branch Manager langsung. Trus dia menjanjikan itu dokumen kita dihari itu juga dikirim ke kedutaan yang ada di London. Ok.

Nah, selang beberapa hari, saya menerima telpon pemirsah...... KATANYA: "Maaf, ini dokumennya dibalikin lagi, karena ngga ada biometricnya". laaaaahhhhh kan udah ya yang pertama. Foto sama sidik jari. Astagaaa naga... Katanya ada kesalahan teknis sehingga data ngga kebaca. Teroooooosss????? kita harus balik lagi ke Manchester. OMG Pemirsah OMG!

Besoknya kita balik lagi ke Machester cuman buat foto dan sidik jari ulang. Awalnya itu cuman buat aku aja, akhirnya si suami diminta bikin lagi baru daripada bolak balik lagi diminta kan. Seebelum pulang kami minta itu Branch Managernya cek lagi ulang dan ulang. Kalau ada lagi kekeliruan kami mau minta ganti rugiiii... karena udah rugiiii banyak cuy baik waktu tenaga materi dan pikiran lelah bumil. Kita PP total 8 jam, sampe bumil akhirnya nyetir ya karena suami lelah sudah nyetir. 

Suami langsung kasih review luarbiasa ya di website TLS Manchesternya akan pengalaman yg menimpa kami ini. 

Kami cuman bisa sabar pasrah dan berdoa aja. Semoga dapat VISA Schengennya. 
Jangan sampai sudah drama luar biasa trus ga dapat. ulala.... derita ituh.

DAN AKHIRNYA.....YANG DITUNGGU-TUNGGU VISA SCHENGEN KAMI BERDUA DAPAT!

Paspor nyampe ke alamat kami tepat 1 hari sebelum jadwal keberangkatan Bus yang kami sudah pesan itu pemirsah. Dan untungnya VISA Schengen kami dua-duanya keluar. Suami dapat 1 tahun, saya dapat 6 bulan. Ya lumayan ya guys! Walau berlelah lelah ya dapat juga. Akhirnya kami putuskan untuk gas aja berangkat dengan Bus yang kami pesan itu. Langsung kilat packing sore itu juga. Subuh berangkat cuuussssss Perancessss.....*biar ga rugi gitu ya tiket.

Ya demikian pemirsah ya rangkaian membuat VISA Schengen di UK ini.
Semoga bermanfaat ya buat yang mau apply VISAnya dari UK, demi tur eropa... :)

Salam,
Buchu, UK.

3 comments:

  1. Do you realize there is a 12 word sentence you can tell your partner... that will induce intense emotions of love and impulsive attraction to you deep inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, idolize and guard you with his entire heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Love Impulse

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will drive him to work harder than before to do his best at looking after your relationship.

    Matter-of-fact, triggering this powerful impulse is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him expose his heart and soul for you in such a way he haven't expressed before and he will recognize you as the only woman in the world who has ever truly interested him.

    ReplyDelete
  2. Thanks Buchu,
    Very informative and as any other Visa services, there's always a drama :)
    How much was the Visa cost, and the trip using Bus, was it convenience?

    Ps:
    I've also watch some of your youtube videos as our preparation going to UK for my Master degree. Hope success for your journey and your husband study (doing Phd right?).

    FJS

    ReplyDelete
  3. Hi salam kenal mbak, anak saya saat ini sdg study di bristol (s1) saat ini dan krn UK blm buka visa turis utk org Indonesia krn masih masuk redlist,sy dan suami berencana ketemu anak di Swiss.tx sharing nya bermanfaat sekali.Nah,ada yg sy ingin tnykan ttg persyaratan surat sponsor dan bank statement.apakah yg utk anak saya itu adalah softcopy dr yg saya submit di vfs global Jakarta krn anak saya blm bekerja,jadi rekening di bank UK nya hny utk biaya sekolahnya Bukan utk pengajuan visa. Mohon n info lbh lanjut mba, terimakasih 🙏

    ReplyDelete

Powered by Blogger.