Jobseekers, waspada !!! Banyak yang suka tipu-tipu.



Dari tahun ke tahun, siswa-siswi di tingkat SMA semakin banyak yang lulusan.
Mahasiswa-mahasiswi ya apalagi, setahun bisa 3 sampai 4 kali wisuda.
Bayangin aja berapa ribu lulusan ini se-Indonesia.

Rata-rata di kalangan dan kondisi tertentu, lulus SMA udah mikir nyari mau kerja. Karena mau lanjut kuliah lagi pun susah. Apalagi yang udah Sarjana, setelahnya ya mau ngapain selain nyari kerja juga. Kecuali kalau pilihannya lanjut sekolah lagi atau ya membuka lapangan pekerjaan dibandingkan mencari kerja. *hebatyangbeginian...

Intinya, ni yang nyari kerja udah bejibun, numpuk orang-orangnya.
Semakin banyak yang lulus, makin banyak juga yang nyari kerja dari tahun ke tahun.
Belum lagi sisa-sisa tahun sebelumnya, sampai tahun ini juga masih nyari kerja statusnya. *sabarYaMen…

Kondisi Ini dikenal sebagai fenomena “alam kerja” sebagai tsunami Jobseekers.
*ya engga ada sih dipelajaran manapun. haaahaa

Kondisi yang seharusnya mengkhawatir-kan ini, rupanya menjadi peluang besar atau ladang basah buat para pencari “nafkah gag halal” dengan cara MENIPU, bukannya turut membuka lapangan pekerjaan, yang ada menguras peluh derai sisa-sisa remah-remah perjuangan hidup dari para pencari kerja atau Jobseekers. #miris..

Jobseekers ini sasaran empuklah buat ditipu-tipu. Segala macam modus dari tahun ke tahun semakin hebat, canggih, modern, niat banget dan modal banget. Secara, bakal-bakal potensi sebagai korban semakin banyak dari hari kehari. 

False job offers, Image by bouygues-uk.com

Nah daripada anda jadi korban selanjutnya, sekalipun lagi galau nyari kerjaan, janganlah kiranya memberi diri buat ditipu juga. Apalagi udah Sarjana, sayang ijazahnya cuman buat modal ditipu, 4 tahun lo berjuang, salto-salto jungkir balik cuman bisa pake toga, eh di tipu, kemana pelajaran/mata kuliah 4 tahun yg lalu? #nangiskejer, emang gada sih mata kuliahnya, cuman ada dimatakuliah kehidupan.

Jadi pelajarilah modus-modusnya yg kebanyakan kaya gini nih (tidak terbatas pada ini ya, artinya masih banyak lagi):

1.        Punya “Ilmu Sakti” bisa lolosin orang kerja dimanapun dan posisi apapun - Calo
Ini mah profesinya calo-calo kerjaan, seolah-olah punya nama dan kekuatan entah berantah darimana, sehingga mampu meyakinkan para pencari kerja untuk bisa memberikan peluang kerja di Institusi atau perusahaan manapun, ya pasti dengan syarat dan ketentuan berlaku. Posisi apa, harganya berapa. Ujung-ujungnya duit...

Yang begini korbannya udah banyak berjatuhan, apalagi yg ceritanya mau masuk PNS yang paling banyak diminati. Nih, hati-hati, per-orang bisa makan puluhan juta, mending mah kalau jadi PNS beneran, ini orangnya kabur sebelum pengumuman. Tak tau dimana. Ilang lenyap.

Jadi, kalau nemu tawaran yang beginian, mending lewat jalur normal-normal aja, gag perlu frustasi amat sampe nyari-nyari perantara dan rela bayar berapa aja. Logikanya ni orang kalau beneran hebat, udah noh sekeluarga di kampung dia masukin aja semua kerja dimana aja, apa aja, daripada sibuk ngurusin orang lain. Waspada ya…


2.      Diminta Biaya Awal: Untuk proses administrasi, sertifikasi, training, orientasi, akomodasi dan lain-lain
Belum mulai kerja, belum pula digajih, modus yang satu ini minta kita ngeluarin duit di awal. Ada ajalah alasannya biar keluar duit. Buat biaya administrasilah, buat pendaftaran program orientasilah, buat sertifikasi dan training-training pertama yang wajib diikuti sampe dijadiin sebagai deposit, nyimpen uang jaminan posisi katanya.

Biayanya beragam-ragam samalah kaya modusnya yang macem-macem, mulai dari yang puluhan ribu (biar kayanya gag sakit-sakit amat kalau ditipu) sampai yang jutaan (kerasa sakitnya ditipu). Intinya ya, kalau dimintain duit diawal, mikir-mikir dulu deh. Walau yang diminta sedikit (apalagi kalau banyak), perlu dikaji ulang. Bener engga ini. Dimana-mana yang namanya nipu, ya ujung-ujungnya duit. 

Ya kalau bisa cari kerjaan justru yang ngasih kita duit di awal, bukan kita yang kasih duit di awal. Kalau kita yang kasih duit di awal, mending kita aja yang buka lapangan pekerjaan buat orang lain, udah hebat soalnya, bisa ngasih duit orang.  #yakan…#ingatduitdidompetsisaberapa...

3.      Pesan Transportasi lewat Travel Agen yang ditunjuk
Nah yang ini, salah satu modus paling laku dipasaran, korbannya banyak bener. Caranya juga termasuk tricky *ya namanya juga nipu, masa terang-terangan nulis nipunya. Dengan kedok bahwa untuk memudahkan serta demi kelancaran proses seleksi maka pelamar yang dinyatakan lolos tahapan awal diminta untuk book tiket menuju tempat test hanya melalui travel agen yang dipercaya oleh penyelenggara. Jika melalui travel agen lain*ancamannya, tidak diganti biaya transportasinya. Nah…. Saya saja dlu, pesan mana aja boleh, mau naik sampan keq ojek keq, dari perusahaan juga diganti (semacam uang saku). *Jelas berkelasnya ya ini perusahaan…#heyaaa #dingat2lagi #susahmoveon

Tempat test pun bahkan dibuat jauh banget, sempat ada yang share ke saya *untung nanya, undangan test-nya di Bali, padahal kantor pusatnya aja di Jakarta. Mungkin biar bisa dapet tiket pesawat bolak balik, kan lumayan tuh pemasukannya. Jadi yang beginian ya, taulah ya, mau rela juga ditipu?

4.     Beda job posisi yang ditawarin di awal.
Nah ini kasusnya dinyatakan udah diterima, tapi dengan tawaran job posisi lain. Entah modusnya adalah mencari pekerja dengan kriteria oke, namun job posisi yang ditawarin ternyata tidak sesuai ekspektasi, biasa aja. #minta lebih..

Atau bisa juga modusnya sebagai salah satu cara mengisi kekosongan job posisi yang lama kosong dengan pura-puranya menawarkan job posisi yang menggiurkan di awal. Dengan iming2, ntar bakal dinaikin ke posisi yang ditawarin diawal kalau udah setahun atau udah apalah, #ribetkan..
Contoh: di awal ditawarin jadi supervisor marketing, eh ujuk-ujuk jadi salesnya dulu. Nah ini sih diserahkan ke pribadi masing-masing, apakah merasa dirugikan dengan tawaran ini atau melihat ini sebagai peluang. #pikir-pikir aja dulu...

5.      Cuman modal foto sama KTP, kerja OK.
Hari gini mau kerja modal wajah sama KTP doang, trus diiming-imingin kerjaan OK. Ini mah patut dan pantas dicurigain. Antara mau dijadiin model majalah-majalahan “itu” yakan, minimal.. atau engga ya mau dikirim jadi pekerja berskala nasional maupun international, dimana masuknya mudah banget, keluarnya yang kalau ngga lompat dulu dari lantai sekian belas atau ngga nekat nerobos orang-orang bersenjata atau engga ya nunggu belas kasihan aja.

Well, ini pekerjaan terkejam yang pernah ada dan jelas di paksakan.  Dikenal dengan human trafficking. #Yang berujung pada penderitaan dari si pekerja dan kemakmuran bagi penyalur kerja.

Tidak sedikit kisah yang sudah dibagikan oleh para korban yang dahulu pernah mengalami hal serupa. Sangat menyeramkan, lebih menyeramkan daripada kehilangan uang puluhan juta akibat tipu-tipu modus lainnya di atas, dibandingkan punya pengalaman ini. Jadi, please, hati-hati banget sama yang beginian. Ingat, nyari kerjaan gag gampang. Jadi kalau ada yang ngasihnya dengan mudah, antara bener-bener itu rejeki nomplok atau ini hal yang menyeramkan, waspada.. teliti, telusuri, jangan mudah percaya.

Seiring dengan semakin hebat dan canggihnya para penipu ulung ini, maka jadikan contoh-contoh di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya bentuk tipuan.  

Inti dari tipuan, ujungnya adalah: mendapatkan keuntungan berupa UANG atau fasilitas lainnya.

Kenali ciri-ciri tawaran kerja bodong (macam investasi bodong):
·        Job desk yang ditawarin gag jelas.
·        Persyaratan seleksi gag jelas.
·        Alamat kantor gag jelas.
·        Profile perusahaan atau institusi gag jelas, misal: alamat websitenya gada, dicari di google pun gada juga.
·        Alamat email gratisan. Ada juga sih yang niat banget sekarang, modal-lah, gag pake yahoo/gmail dll, cuman tetep aja modusnya nipu. Pernah ada yang tanya juga ke saya, kebetulan mengatas namakan perusahaan di tempat saya dlu bekerja, pake domain beneran lo (nama perusahaannya), entah kecanggihan darimana, tapi tetap ketahuan nipu, karena ujung2-nya minta duit.

·        Apapun bentuk dan segala macam rupa yg ditawarkan, UJUNG-Nya : Kita diminta ngeluarin duit.


Tips:

·        Banyak bertanya, tanya sama orang-orang yang bekerja di tempat tersebut kalau ada yang kenal atau hubungi call centernya kalau ada, kalau gada juga coba minta petunjuk dari senior-senior untuk memberikan pandangannya terkait lamaran yang ditawarkan.
·        Cek Validitas Informasi, ini termasuk soal ngecek alamat email, kontaknya, bahkan kegiatan survey tempat dulu. Apalagi kalau tempatnya seperti di pelosok-pelosok, masuk gang-gang, di ruko gag jelas, tersembunyi dari keramaian, duh hati-hati deh.
·        Jangan mau keluar duit berapapun, ini bicara soal duit di awal tadi. *beda kalau uang buat naik ojek di awal buat ke t4 test, ya tetep modal. Ini soal minta bayar biaya pendaftaran, biaya tes segala macem, apalagi biar lulus, udah gag usah kasih. Kecuali kalau rela di tipu, karena yang dikeluarkan gag banyak juga. Cuman kan sayang kalau beneran di tipu. Malu dan menyesalnya itu lo.

Jadi, buat rekan-rekan yang punya cerita tipuan lainnya yang belum terungkap atau tergolong jenis baru, boleh di-share dan dibagikan, buat bantuin ngingetin rekan-rekan lainnya yang sedang berjuang.

Nah, buat yang nipu, bertobatlah. Kasian anak cucu orang, dapet duit entah berantah dari mana cuman buat ditipu. Ayo sama-sama nyari kerja halal, nikmatnya luar biasa koq. Daripada tidur tak nyenyak, makan tak enak, gegara sibuk mikirin modus selanjutnya (hidupnya penasaran) atau ngga mikirin kapan masuk bui trus anak istri/suami kelaparan (yowoh, ngeriiiii). Tobat ya men..

So, Selamat berjuang Jobseekers, tetap waspaada ditengah gundah gulana !!! #heyaaa…
Dan saling mengingatkan, kalau bisa bagi-bagi info lowongan kerja yang valid.

Salam Super,
Buchu 
@Masih Di Borneo.

No comments:

Powered by Blogger.