Gambaran ujian akhir semester (exam) pada program magister di UK

Finally... !!!

Usai sudah perjuangan di ujian akhir semester yang berasa kaya perang dunia K3 (kaya pernah aja).
Ujian disini biasa disebut dengan istilah "Exam".

Meja Exam... (yg putih soal, yg pink tempat menulis jawaban)

Saya merasakan perbedaan yang luar biasa mengahadapi exam kali ini. Kalau dulu, mau ujian ya biasa saja, belajar semampunya, bahkan masih menganut metode SKS (sistem kebut semalamsuntuk) buat persiapan ujian. (Jangan dicontoh ya). Masih bisa tidur cantik, nonton2, dan lainnya. Hahahah..

Nah kali ini cukup deg-deg serrrr jiwa raga, karena banyak yg harus dipersiapkan, selain mengerti mata pelajaran dan topik-topiknya, juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik, dan itu diimbangi juga dengan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup, agar bisa menunjang proses menulis jawaban ujian yang harus berlembar-lembar itu... ^^

Persiapan Ujian
Sebelum minggu ujian dimulai, pihak kampus akan mengadakan yang namanya "Revision Week",  atau latihan uji coba ujian. Mahasiswa hadir ke kampus layaknya ujian akan dilakukan, soal-soal uji coba ujian diberikan, namun durasinya lebih singkat. Di moment ini, mahasiswa wajib banget hadir, karena dosen akan memberikan gambaran soal-soal ujian dan topik apa yang harus dipelajari lebih mendalam.

Tipe Ujian
Ujian yang dilaksanakan pada umumnya adalah dalam bentuk Essay. Dimana mahasiswa akan diberikan 4 - 5 pertanyaan, lalu mahasiswa diminta memilih antara 2 sampai 3 pertanyaan yang akan dijawab. Disesuaikan dengan bobot kredit mata kuliah. 1 soal diberikan 1 jam, sehingga jika ada 3 pertanyaan yang akan dijawab, maka waktu ujian akan berlangsung hingga 3 jam.  Beberapa jenis ujian lainnya merupakan multiple choice atau soal dengan pilihan jawaban ABCD, namun sangat jarang dan bobot nilainya pun rendah dibandingkan ujian dengan bentuk essay atau mengarang indah hingga lerlembar-lembar. *tanganpun pegal....

Proses Ujian
Ujian dilakukan dalam ruangan yang disesuaikan dengan kapasitas mahasiswanya, bahkan kami ujian bersamaan dengan jurusan lain dengan soal ujian yang berbeda pada satu ruangan. Pada kursi yang dilengkapi dengan meja, sudah disediakan kertas soal dan juga beberapa buah note (buku tipis berisi lembar-lembar kosong) yang secara khusus disediakan utk menulis jawaban. 1 soal akan diberikan 1 note. Maka jika mengerjakan 3 soal, ya notenya ada 3.

Suasana ruang ujian..
Informasi Terkait Cara Penilaian
Bagian cover note lembar jawaban berisi form informasi lengkap yg harus diisi, seperti nama, ID,mata kuliah apa, tanggal, soal mana yang dikerjakan. Nah jika ujian sudah berakhir, pada bagian nama, (kebetulan pojok kanan atas kertas), itu harus dilipat. Ini tujuannya, agar team yg memeriksa tidak mengetahui nama dari jawaban yang sedang diperiksa (oke juga mengurangi unsur unsur rasa kasihan atau karena sudah sangat mengenal mahasiswanya). Team yang memeriksa minimal terdiri dari 2 examiner (istilahnya). Maka diharapkan nilai yang diberikan sesuai dengan bobot jawaban karena udah dinilai sama 2 org bahkan lebih.

Peraturan Ujian
Hampir sama seperti ujian pada umumnya, aturan-aturan ujian nya sebagai berikut, namun juga ada beberapa hal yang unik:
- Tidak boleh membuka, membaca dan membawa catatan selama proses ujian berlangsung
- Yang dibawa hanya ID Card dan Pulpen dan Dictionary serta Kalkulator jika dibutuhkan.
- Boleh membawa minuman, bahkan beberapa teman ada yang membawa camilan, makan dong pas ujian^^
- Menggunakan pakaian bebas. Karena musim panas, jadi ada yang pake celana pendek, kaosan jg gag masalah.
- Tidak boleh keluar ruangan pada 1.5 jam pertama dan 10 menit sebelum ujian berakhir.
- Kalau ke toilet, ditemenin sama petugas yang menjaga (sesuai jenis kelamin^^). Makanya yg jaga banyak.
- Tidak boleh berbicara kepada teman-teman di sekeliling. Ruangan hening.
- Jika membutuhkan pulpen tambahan, kertas, atau tisu, cukup angkat tangan lalu petugas akan membantu.

So, kalau ditanya, persiapannya apa aja, yang jelas...
membaca yang banyak, latian menghapal (kalau ada rumus-rumus), latian menulis, memperbanyak kosakata untuk menunjang tulisan serta makan dan istirahat yang cukup.

Hari ketiga exam dan kebetulan hari terakhir, saya tumbang sodara2 (diare dan lemah badai^^), terkuras semua isi otak dan energi. Hiihihi..

Semoga hasil ujiannya memuaskan sesuai dengan hasil perjuangan dan persiapan juga anugerah yg maha kuasa, hehehehe.

Selamat juga buat yg sudah selesai exam atau yang sedang exam.

Salam,
Buchu

No comments:

Powered by Blogger.