5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Wawancara Kerja

Halo Para Job-seekers,

Buat yang sedang menanti wawancara kerja atau yang belum dipanggil-panggil wawancara juga, sabar aja ya. Nah sambil menanti, kita bisa menggunakan waktu untuk mempersiapkan diri kapanpun wawancara kerja diminta.


Job Interview Picture by https://www.thejobnetwork.com

5 hal berikut bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum wawancara kerja:

1. Pelajari Profil Perusahaan atau Tempat Kerja Yang Dilamar

Sangat penting bagi para pelamar untuk mempelajari profil perusahaan atau tempat kerja yang akan dilamar secara umum, misalnya perusahaan ini bergerak dibidang apa, beroperasi diarea mana saja, visi misi perusahaan dan informasi umum lainnya. Tidak perlu kuatir, karena informasi ini umumnya bisa diperoleh dari website perusahaan tersebut. Jadi sediakanlah waktu untuk mencari tau profil perusahaan yg sedang anda lamar. Sesuai dengan pengalaman pribadi pada saat wawancara kerja tidak jarang user atau  interviewer akan menanyakan: "bagaimana anda tahu tentang perusahaan ini? apa yang anada ketahui tentang perusaan ini? So, jangan lupa kepoin maksimal perusahaan yg sedang dilamar ya. 

2. Pelajari Job desk / aktifitas kerja dari posisi yang dilamar

Nah kalau yg ini poin paling penting buat saya sendiri.  Kita harus tau untuk posisi yang dilamar ini pekerjaannya atau job desknya akan ngapain aja secara umum.  Ini seharusnya sudah kita ketahui sejak awal ingin melamar. Pada tahapan wawancara hal ini penting  untuk diketahui lebih dalam, karena nanti pada umumnya pewawancara akan menanyakan terkait pengalaman kerja yg pernah dilakukan, apakah serupa dengan yg akan dilamar. Paling tidak.... kita mendapatkan gambaran terkait pekerjaan apa yg akan kita lakukan nantinya, sehingga kita bisa sesuaikan dengan kompetensi, kemampuan atau skill yg kita miliki. User atau pewanwancara pun bisa mendapatkan kemudahan saat wawancara dimana kita sudah mengetahui pekerjaan apa yg akan dikerjakan, mampu mengerjakannya sesuai dengan pengalaman sebelumnya, bahkan mungkin kita akan mampu menawarkan perubahan2 ide2 atau inisisasi yg bisa dilakukan untuk kemajuan perusahaan melalui posisi yg kita lamar saat tahu apa job desk dari posisi tersebut.

3. Pelajari media wawancara online (contoh: videocall melalui  aplikasi WA atau Skype)

Dijaman "Now" ini hampir semua proses seleksi bisa dilakukan di rumah atau dimana saja secara online. Dimulai dari test psikotes pun sudah bisa online. Tanpa harus datang ke perusahaan tersbebut. Untuk pekerjaan yg sekarang  saya ambil, saya diminta untuk melakukan test online di tahap psikotes. Beberapa pengalaman rekan-rekan kerja untuk proses wawancara, sekarang tidak perlu datang lagi ke kantor perusahaan tersebut, cukup wawancara online melalui salah satu aplikasi yang paling diminati untuk melakukan video call, yaitu Skype. Pilihan melakukan wawancara online melalui video call sudah banyak diminati dikalangan prosefional.  Bisa jadi untuk menghemat waktu perjalanan serta cost yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, pelajarilah bagaimana menggunakan aplikasi ini dengan beberapa pilihan lainnya seperti WA atau Line. Jika suatu saat diminta wawancara online, kita sudah siap tanpa harus terlihat kebingungan menggunakan aplikasi tersebut, yang nantinya  bisa saja merusak proses wawancara. Termasuk urusan sinyal dan ketersediaan paket data ya guys *kalau pake hape....:) Pastikan kita bisa melakukan wawancara dengan sinyal dan paket data yg memadai.  

4. Latihan wawancara, termasuk wawancara dalam bahasa Inggris

Sambil menanti dipanggil untuk wawancara atau menanti jadwal wawancara, gunakanlah waktu untuk latihan. Kita bisa meminta orang yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja yang kita kenal untuk membantu kita dalam wawancara. Kalaupun tidak ada sama sekali orang yg bisa membantu. Kita bisa latihan dengan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan apa yg umumnya ditanyakan serta antisipasi beberapa pertanyaan yg "kemungkinan" akan ditanyakan. Bisa browsing diinternet terkait pertanyaannya apa saja. dari pengalaman beberapa orang.

Berikut contoh beberapa pertanyaan yang sebelumnya pernah saya tulis juga dalam tulisan saya yang lainnya:


Saya akan list beberapa pertanyaan general (yang saya ingat tentunya) baik pada seleksi awal untuk pekerjaan pertama (baru lulus s1) dan pertanyaan untuk seleksi pada saat melamar untuk pekerjaan kedua (bru lulus S2):

Fresh Graduate:
-          Ceritakan profile diri anda (Nama hingga background pendidikan)
-          Pada saat mengikuti kegiatan Magang/Internship, kontribusi apa yg anda berikan ditempat magang? (terjadi banyak diskusi disini)
-          Apa judul skripsi anda dan jelaskan secara singkat (tujuan dan hasilnya)?
-          Pada saat duduk dibangku kuliah apakah ada kegiatan diluar perkuliahan yg anda ikuti? Sebutkan?
-          Pada saat anda melakukan sebuah pekerjaan, lalu terjadi perbedaan pendapat, apa yang anda lakukan?
-          Apakah kelebihan dan kekurangan anda?
-          Bagaimana anda mengatasi kekurangan anda?
-      Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini? darimana?

Yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya:
-          Ceritakan profile diri anda (Nama hingga background pendidikan)
-          Jelaskan pengalaman kerja yang pernah anda miliki?
-          Apa yang anda kerjakan pada perusahaan yg sebelumnya? (banyak diskusi dan tanya jawab pada bagian ini terkait pekerjaan yg pernah dilakukan)
-          Jelaskan thesis yg anda kerjakan! (kebetukan melamar setelah lulus S2)
-          Apakah thesis yg anda kerjakan bisa memberikan kontribusi dan bisa di aplikasikan dalam dunia kerja? Jelaskan!

-          Sebutkan tantangan2 pekerjaan yg pernah anda hadapi dan bagaimana anda menyelesaikannya?
-     Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini? 

Nah, disini setidaknya kita sudah siap menghadapi pertanyaan apapun. Ini bukan ajang untuk latihan menghapal jawaban tapi setidaknya kita mendapatkan poin apa yg ingin disampaikan saat ada pertanyaan2 yg sudah bisa kita antisiapsi. Jika ada pertanyaan yg tidak kita kira akan ditanyakan bagaimana? Tetap tenang, usahakan menjawab dengan tenang, tidak tebruru2, sambil memberi waktu kepada diri kita untuk memikirkan apa yg ingin kita jawab dengan benar. Dan.. Kejujuran adalah hal penting yg perlu di junjung saat proses wawancara.  Tambahan, jangan lupa latihan wawancara dalam bahasa inggris, apalagi jika perusahaan tersebut multinational company. Okay..

5. Siap sedia kapan saja diminta wawancara

Yang namanya permintaan wawancara kerja bisa kapan saja hadir tanpa kita ketahui, jadi usahakanlah kita tidak jauh dari HP kalau misalnya moment  kita memang lagi menunggu wawancara kerja. Pastikan email bisa selalu diakses setiap hariya untuk memantau informasi terkini dari tim HR perusahaan yang dituju. Karena ini pernah terjadi pada beberapa orang yang saya kenal, bahwa sudah berulang kali ditelpon namun tidak mengangkat, atau ada email namun terlambat memberi respon, akhirnya melewatkan jadwal yg sudah di atur dan dampaknya kehilangan kesempatan bekerja.

So, selamat berjuang dan mempersiapkan diri. Persiapan yang baik akan membuahkan hasil yang baik, harapannya begitu ya guys.. :)

Regards
Buchu

3 comments:

  1. hallo mbak, apakah artikel ini bisa kami repost di situs kami ruangmahasiswa dengan tetap mencantumkan nama penulisnya dan mengarahkan link ke blog ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, sorry for my late response.. boleh, dengan mencantumkan nama penulis dan mengarahkan ke link blog ini. Terimakasih....Let me know ya mas jika sudah di publish. Thank you :) sudah mau membagikan tulisan ini

      Delete

Powered by Blogger.