Tips Anti Gagal - Membuat VISA UK Tipe Tier 4 (General) Dependant Partner

Halo Pejuang VISA,

Edisi tulisan kali ini akan membahas seputar pembuatan VISA, secara khusus untuk aplikasi tipe VISA "Tier 4 (General) Dependant Partner" atau VISA istri bagi para istri yang ingin mengikuti suami yang sedang studi atau kuliah di Inggris. Jadi buat para istri yang mau ke Inggris tapi suaminya kerja bukan sekolah ya mungkin jenis VISAnya berbeda, jadi dipelajari lagi ya jangan sampai salah mengajukan tipe visanya.

Udah yakin mau apply VISA "Tier 4 (General) Dependant Partner" ?

Mareeee. cekidot... ya... langkah-langkahnya...

1. Ajukan Aplikasi Visa Online, di link ini https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita harus mendaftarkan diri pada link yang tertera di atas, yaitu websitenya UK VISA. 

  1. Buatlah akun anda pada link tersebut dengan pilihan "Register an Account". 
  2. Jika akun sudah ada maka klik lah "Log in", lalu klik pilihan "Apply For Myself".
  3. Selanjutnya ikutilah petunjuk-petunjuk pengisian aplikasi yang diminta.
Isilah biodata dan informasi lainnya dengan berhati-hati dan teliti, jangan sampai ada yang salah. Jangan lewatkan satu pertanyaanpun. Pastikan anda mengerti apa yang ditanyakan. Untuk beberapa pertanyaan yang anda rasa bingung untuk mengisinya, jangan ragu untuk mencari jawaban via google atau tanya temen yang sudah pernah apply VISA ya guys... Cari istilahnya apa. Misal, saya kebingungan mengenai istilah Dependent children and Non - Dependent children lalu pertanyaan terkait total biaya yang mencakup estimasi pengeluaran dan yang diberikan oleh sponsor. Karena ternyata setelah saya cek, banyak yg bingung juga terkait pertanyaan ini. Selebihnya bisa dijawab dengan yakin tanpa ragu. 

Sebelum klik submit application, baca ulang lagi dari awal ya. Sampai yakin, baru klik "submit application". Saya selalu membaca ulang form pengisian visa-nya (karena bisa di lihat dalam bentuk pdf) dan saya cocokan dengan dokumen-dokumen yang akan dilampirkan. Harus sesuai  semua, dari nama, tangal lahir, nama suami dan lainnya.

Setelah melakukan submit maka akan ada pilihan "BRP Collection". BRP adalah Biometric Residence Permit semacam KTP tapi ala UK yang akan diberikan kepada kita (jika VISA lolos). BRP ini bisa di ambil setelah kita sampai UK dan ada tertera tanggal pengambilannya kapan (pada surat lampiran kalau VISA kita lolos ya). Jadi di proses ini kita pilih BRP mau kita ambil di kantor POS mana, pilihlah kantor pos yang dekat dengan alamat kita di UK.

Pilihan selanjutnya pada proses ini adalah memilih jadwal appointment untuk menyerahkan dokumen dan proses Biometric (foto dan sidik jari di tempat) untuk pengajuan VISA kita. Pastikan tanggal dan jam sesuai dengan waktu yang kita targetkan serta tentunya kita bisa datang. Kita juga diminta memilih tempat appointment di kantor VFS namanya. Saya memilih datang ke kantor VFS yg di Kuningan City Mall, Jakarta. 

Tahapan terakhir pada pengisian online applikasi ini ya tentunya bayar membayar ya.
Yang perlu di bayar adalah: 

  1. UK Visa Fee atau Biaya aplikasi VISA sebesar USD 470 atau 6.812.650.00 RUPIAH
  2. Dan harus membayar IHS atau Immigration Health Surcharge sebesar USD 405 atau 5.870.475.00 RUPIAH
Ya itulah ya teman-teman pengorbanan yang harus dikeluarkan demi bisa bersama suami. *eya
Itu baru biaya daftar-daftar ya, tapi kan belum tentu diterima VISAnya, nah kalau di tolak bagaimana? Ya daftar lagi ulang bayar lagi, duit yang tadi hangus. *jadi gembel deh sodara kalau visa gagal.

So, jika sudah mengisi formulir, mari siapkan dokumen-dokumen penting agar VISA kita diterima.

2. Menyiapkan dokumen lampiran VISA

Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan sebagai lampiran. Masing-masing dokumen yang saya lampirkan berisi: 1 lembar dokumen ASLI, 1 lembar dokumen COPY, 1 lembar dokumen TERJEMAHAN (jika dokumen belum berbahasa inggris, seperti KTP contohnya). Jika dokumen butuh diterjemah, maka saya lampirkan dokumen asli terjemahan. 

Berikut adalah dokumen yang harus anda siapkan, wajib dilampirkan karena ANTI GAGAL:
  1. Passport Istri (saya lampirkan passport yang lama juga)
  2. Passport (Copy'an aja)
  3. KTP Istri (KTP baru setelah menikah dan ini diterjemah)
  4. KTP Suami (KTP baru setelah menikah dan ini diterjemah serta copy'an aja)
  5. Student ID Suami (Copy'an aja)
  6. Student ID Istri (karena dulu kuliah di UK, ya saya lampirkan juga)
  7. BRP Istri (karena dulu punya BRP ya saya lampirkan juga)
  8. BRP Suami (Copy'an aja)
  9. Kartu Keluarga (Ini KK kita yang baru setelah menikah dan diterjemah)
  10. Surat Nikah Negara - Catatan Sipil
  11. Surat Nikah Gereja (ini diterjemah)
  12. Sertifikat Nikah dari Penyelenggara & Venue (Udah dalam bahasa Inggris)
  13. Foto Nikahan Kita (kita kasih aja biar lebih meyakinkan tentang status pernikahan kita)
  14. Akta Lahir Istri (ini diterjemah), akta suami tidak dilampirkan
  15. Surat Sponsor Pemberi Dana dalam Bahasa Inggris, untuk hal ini saya lampirkan Letter of Guarantee dari LPDP karena suami dapat beasiwa dari LPDP
  16. Cover Letter Suami (Isinya ya tentang mau ngajak istri ke uk dan bentuk supportnya gimana)
  17. Cover Letter istri (Isinya tentang mau ikut suami dan mohon visanya bisa diberikan)
  18. Surat Referensi dari bank dalam bahasa Inggris milik Istri (Ini kudu datang ke Bank langsung, buat minta surat, karena saya menggunakan bank Mandiri, biaya pembuatan surat referensi dikenakan sebesar 100.000 rupiah). Ada total minimum berapa uang yang harus ada di rekening? Untuk Visa istri ini memang saya tidak mendapatkan informasi valid berapa minimum. Jadi ya saya lampirin aja seberapa yang ada di rekening kami.
  19. Rekening Koran 3 Bulan terakhir milik suami. (sebenarnya kalau udah ada referensi bank, rekening koran gag perlu, namun biar totalitas maksimal tanpa batas, saya juga lampirkan khusus yang punya suami).
  20. Surat Keterangan Kampus (dari Supervisornya Suami) yang menyatakan bahwa suami ini memang butuh kehadiran istri sebagai support systemnya. Suratnya ini sih sebenarnya tertuju buat LPDP dulu untuk minta Letter of Guarantee. Tapi aku tetap masukan aja. Buat bukti bahwa supervisor mendukung kehadiran istri.
  21. Bukti pembelian Tiket pesawat.
  22. Tenancy Agreement alias kontrak akomodasi tempat kami akan tinggal selama di UK.
  23. TB Certificate harus dari RS Premiere.
  24. Jangan lupa print FORM Online aplikasinya serta VISA Appointmentnya, bahkan confirmasi pembayaran VISA pun saya print juga. 
  25. Print juga bukti pembayaran IHS.
Untung translate dokumen, Saya menggunakan jasa penerjemah tersumpah yaitu Anang Translator, 35 ribu satu lembar. Cukup murah dibandingkan yg lain bisa sampai 50ribu.

3. Appointment di kantor VFS untuk penyerahan dokumen dan Biometrik

Kita akan datang ke salah satu kantor VFS  sesuai dengan jadwal appointment VISA yg kita pilih. Pastikan tidak datang terlambat. Kita akan diperbolehkan security masuk 5 menit sebelum jadwal yg telah ditentukan. Disarankan tidak membawa laptop, karena harus dititip dengan biaya penitipan. Tidak membawa koper. Hanya tas berisi dokumen-dokumen2. Saat akan memasuki ruangan, siapkan lembar appointment yg dikirim ke email sebagai bukti. Karena itu harus diperlihatkan nantinya kepada team security. Masuk ke ruangan lebih dalam lagi kita akan mengambil nomor antrian. 

Ada yang baru sekarang, sebelum mengambil nomor antrian akan ada meja petugas yang siap membantu kita menyusun dokumen lalu diberi kertas pembatas. Tapi untuk ini ada biaya tambahan sebesar 90 ribu rupiah. Saya tidak menggunakan jasa ini. Saya hanya meminta kertas pembatasnya lalu dokumen saya susun sendiri.

Lalu masuklah kita kedalam ruangan setelah menerima nomor antrian dan menunggu giliran kita untuk menyerahkan dokumen-dokumen. Dokumen asli yang akan diambil adalah Passport dan dokumen terjemahan. Untuk dokumen asli, akan diserahkan kembali. 

Nah karena saya akan menggunakan jasa prioritas dimana hasil pengajuan visa akan keluar 5 hari kerja maka semua dokumen akan di scan dan dikembalikan oleh petugas yang diambil hanya passport kita saja. Biayanya 4 jutaan.

Selanjutnya antri untuk proses biometrik, yaitu foto dan sidik jari. Jadi tidak perlu mempersiapkan pas photo. Saat menyerahkan dokumen dan proses sidik jari dan foto ada beberapa pertanyaan yg akan ditanyakan. Pertanyaan sederhana seperti nama lengkap, tanggal lahir. Setelah selesai. Pulang deh.

Untuk proses standar kita harus menunggu hasil selama 15 hari kerja. Pengambilan bisa dilakukan dengan mengambil langsung atau dikirim ke alamat dengan biaya 130ribu atau kita diberikan lembar surat kuasa bila kita meminta orang lain yang mengambil. Untuk kasus saya, saya meminta teman baik saya (makasih Wulan) untuk mengambil passport saya ke kantor VFS di Kuningan City dengan melampirkan surat kuasa, lembar pengambilan, ktp ku dan ktp pengambil.

Untuk proses penyerahan dokumen sidik jari dan foto lumayan memakan waktu 1 jam lebih karena banyak banget yang apply kayanya. Dulu sih saya pernah mengajukan visa lain tidak sampai 30 menit sudah selesai. Untuk bulan2 tertentu, musim dimana mahasiswa akan melanjutkan studi ke UK, maka proses akan lebih lama, seperti dibulan Agustus - September atau musim liburan di Desember.

Well, saatnya mena ti hasil VISA application sambil deg-deg'an ya karena banyak dengar dan baca kisah gagal trus ini ngurus visanya sendiri ga pakai agen. Mahalll ya... Dan sesuai pengalaman temen sendiri, sama agen pun hasilnya bisa ditolak, jadi tidak menjamin.

Finally, tarang......... passport udah diambil, dan saya dapat VISAnya, thank God.


Contoh Visanya.

UK, I'm coming again!!!!

Semoga bermanfaat..... yang mau tanya-tanya boleh banget. Oiya, apa beda Visa Visitor sama Visa Istri. Visa istri ini memang lebih mahal tapi ya keuntungannya kita bisa kerja di UK.

Tips: Hati2, teliti, dokumen yg disiapkan maksimal, luangkan waktu khusus jangan terburu2.

Salam,
Buchu - @Bandung

6 comments:

  1. Halo mba, thank you postingannya sangat membantu. Saya mau nanya wktu itu visa priority buat dependant brapa hari ya? Soalnya saya apply buat saya pas 5 hari, tapi pas suami saya apply bua dependant udah 6 hari tapi belum ada kabar. Saya jadi panik. Apakah dependant makan wktu lebih lama?mohon infonya. Terkma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, biasanya visa priority cuman 4-5 hari kerja. Nah kalau lebih mungkin bisa di call costumer servicenya.

      Delete
  2. Halo kak,
    Saya mau tanya bagaimana tips untuk visa spouse tetapi annual income nya ga sampe £18.600
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak karina kabarin jg saya donk kalai ada info saya jg mau buat visa spouse an annual income suami saya kurang dari 18.000 thanks

      Delete
  3. This is useful blog for prospective international students.
    Tier 4 Student Visa UK

    ReplyDelete

Powered by Blogger.