Tips memilih universitas di dalam dan luar negeri


Seiring dengan memutuskan pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya, maka kebutuhan akan universitas mana yang akan dituju pun hadir. Menemukan universitas pilihan terbaik, bukan hanya sekedar berjuang sedemikian rupa agar berhasil masuk universitas ternama yang menduduki poisisi tertinggi dalam top survey, namun hal yang terpenting adalah bagaimana menemukan tempat studi yang tepat sasaran dalam hal mengisi kebutuhan akademis sesuai dengan pilihan jurusan dan memiliki kualitas yang baik dari segi fasilitas, tenaga pengajar, silabus yang ditawarkan serta penunjang studi lainnya.

Pertimbangan matang dalam memilih universitas mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sangat diperlukan. Memilih memang tidak selalu menjadi pekerjaan yang mudah. Dalam hal mempertimbangkan universitas mana yang ingin dituju pun membutuhkan beberapa tahapan kritikal sehingga akhirnya mengerecut pada pilihan-pilihan terbaik. 


 Graduation Life - by University of Birmingham

Berikut beberapa tahapan yang (mungkin) bisa menjadi acuan untuk membantu dalam melakukan riset universitas mana yang akan dipilih dan pastinya tidak hanya terbatas pada poin-poin yang dijelaskan di bawah ini, karena ini merupakan kumpulan pengalaman pribadi yang pernah dilakukan.

4 tahapan besar yang harus dilalui adalah berikut ini:
  1. MEMBUAT LIST “KRITERIA PRIBADI” UNIVERSITAS YANG DIINGINKAN
  2. MELAKUKAN SELEKSI DAN PILIH UNIVERSITAS PILIHAN TERBAIK ANDA
  3. DAFTAR DAN PENUHI SETIAP PERSYARATAN ADMINISTRASI
  4. LAKUKAN SESUATU SAAT MENUNGGU HASIL
Berikut penjelasan untuk 4 tahapan besar tersebut :
 
1.        MEMBUAT LIST “KRITERIA PRIBADI” UNIVERSITAS YANG DI INGINKAN

Buatlah beberapa list “KRITERIA PRIBADI” anda sendiri untuk membantu anda dalam proses screening universitas. Layaknya filter, kriteria pribadi akan sangat membantu kita memilah-milah universitas mana yang akan masuk dalam nominasi kuat untuk dipilih pada akhirnya.

Kriteria pribadi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, seperti berikut ini:
  1.  NEGARA PILIHAN
Pilihlah negara mana yang ingin dituju baik dalam ataupun luar negeri. Jika memilih diluar negeri, pilihlah ingin ke negeri bagian mana, misal: UK, US, JERMAN, PERANCIS, BELANDA, AUSTRALIA, atau pilihan negara lainnya. Idealnya tidak memilih dari 2 negara agar pilihan universitas tidak terlalu luas.

  1. WAKTU/TAHUN AJARAN & MASA STUDI
Tentukan tahun ajaran kapan yang akan diikuti serta berapa lama masa studi yang diinginkan. Misal: 2016/2017 (jika masa studi satu tahun) atau 2017/2019 (jika masa studi 2 tahun).

  1. PROGRAM STUDI/JURUSAN YANG DIINGINKAN
Untuk program studi disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan bentuk program yang akan diambil. Misal untuk program studi ada pilihan Magister atau Doktoral? Bentuk kelas yang ditawarkan ada Online Course, Full time atau Part Time? Dan temukan jenis program lainnya.

Untuk jurusan, sesuaikanlah dengan keinginan yang akan diambil baik dibidang Science, kedokteran, kesehatan, hukum, komunikasi, IT, Pemerintahan, Bahasa, dan lainnya. Jika anda memilih untuk mengambil studi di luar negeri, maka carilah nama jurusan tersebut sesuai dengan standar istilah yang lazim disebut untuk jurusan tersebut. Misal seperti jurusan yang saya ambil, jurusannya adalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja, maka jika di luar negeri istilah yang lazim digunakan yaitu Occupational Safety and Health atau beberapa menggambungkannya dengan The Environment.
 
Bisa jadi anda tidak menemukan jurusan yang anda inginkan di beberapa universitas ternama, bukan karena jurusannya tidak ada, namun (mungkin) penamaan istilah untuk jurusannya yang berbeda. Jadi ambillah waktu untuk melakukan riset terkait penamaan jurusan anda dan cocokkan dengan mata kuliah yang ditawarkan.

  1. KETERSEDIAAN DANA & PROGRAM BEASISWA BAIK DARI LUAR MAUPUN DARI DALAM UNIV YANG DITUJU
Pastikan dana juga tersedia, baik dana pribadi maupun dana yang diperoleh dari program beasiswa. Sesuaikan dan cocokan jumlah dana yang dimiliki dengan total pembayaran Tuition Fee atau yang dikenal dengan biaya kuliah pada universitas yang kita tuju, serta juga biaya hidup selama masa studi di negara tersebut. Jangan sampai memilih universitas yang pada akhirnya kita sendiri tidak sanggup membiayai setiap kebutuhan yang menunjang perkuliahan.

  1. SESUAIKAN BUDAYA, BAHASA UMUM YANG DIGUNAKAN, IKLIM DAN LINGKUNGAN SOSIAL serta FAKTOR LAINNYA
List berikut merupakan filter tambahan agar pilihan semakin mengerucut. Sesuaikanlah budaya bagaimana yang cocok dengan anda? Bahasa apa yang ingin digunakan? Iklim juga termasuk poin yang bisa di pertimbangkan, mengingat kemampuan beradaptasi kita terhadap setiap iklim berbeda-beda, serta lingkungan sosial yang bagaimana yang menjadi kebutuhan. Tambahkanlah faktor lainnya sesuai dengan kebutuhan pribadi.

CONTOH RANGKUMAN “KRITERIA PRIBADI”.
Negara Tujuan                : UK
Tahun Ajaran                   : 2016/2017
Masa Studi                       : 1 Tahun
Program Studi                 : Magister/ MSc
Jurusan                              : Occupational Safety, Health & the Environment
Pilihan Sumber Dana     : Beasiswa
Budaya                               : Barat
Pilihan Bahasa                 : Inggris
Pilihan Iklim                      : 4 Musim
Ketersediaan Beasiswa : LPDP, Chevening, dan lainnya.

Jadikan list kriteria pribadi anda sebagai filter pertama anda. Singkirkan keinginan-keinginan lain di luar yang sudah ditetapkan pada kriteria pribadi ini, sehingga proses pemilihan universitas lebih selektif dan terarah. Abaikan godaan-godaan lainnya terlebih jika tertarik ingin menjadi dan seperti teman-teman lainnya. Create your own foot-step, don’t be a follower!

2.       MELAKUKAN SELEKSI DAN PILIH UNIVERSITAS PILIHAN TERBAIK ANDA

Setelah memiliki kriteria pribadi, maka lakukanlah RISET UNIVERSITAS dengan cara berikut ini:
a.       SCREENING UNIVERSITAS MELALUI BERBAGAI MEDIA:
Mulailah mencari nama-nama universitas yang memiliki pilihan jurusan yang ingin dituju, perlu diingat sesuaikan juga nama pilihan jurusan dengan Bahasa/Istilah yang umum digunakan, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris atau Bahasa lainnya. Berikut beberapa website atau mesin pencari yang dapat membantu untuk menemukan nama-nama univeristas pilihan.
  •   Google

 
Jelas sekali mesin pencari ternama dan yang selalu ada dan setia menemani hari-hari para pemburu informasi di dunia maya adalah Google. Jadi silahkan net-surfing bersama Google untuk mencari universitas mana yang memiliki pilihan jurusan yang kita inginkan.
Contoh berikut ini, jurusan saya dalam Bahasa Inggrisnya adalah Occupational health and safety (salah satunya). Dan program studi yang saya ambil adalah magister in sciene. Maka keyword-nya adalah: msc occupational safety and health. 


Contoh pencarian melalui Google

Setelah memasukan keyword jurusan maka muncullah beberapa universitas yang memiliki program studi tersebut. Lalu bukalah website universitas tersebut satu persatu dan pelajarilah setiap informasi yang ada, baik dari segi tenaga pengajar, fasilitas, biaya studi, silabus dan lainnya.
 
Contoh pencarian melalui Google
  • Timehighereducation.com
https://www.timeshighereducation.com/
 
Salah satu website barometer survey universitas yang bisa digunakan sebagai referensi untuk melihat status peringkat universitas.
 
Contoh pencarian melalui timehighereducation

  • Topuniversities.com   
http://www.topuniversities.com/
 
Salah satu website barometer survey universitas yang bisa digunakan sebagai referensi untuk melihat status peringkat berdasakan kategori/subject.

Contoh pencarian topuniversities - QS Ranking
  
  • 4icu.org

Salah satu website barometer survey universitas yang bisa digunakan sebagai referensi     untuk melihat status universitas pilihan anda di Indonesia.

 
Contoh pencarian universitas universtas di Indonesia melalui 4icu

  • Russel Group universities – UK

Russel Group merupakan sebuah asosiasi dari beberapa universitas ternama di UK yang selalu mengupayakan riset-riset terbaik, proses pembelajaran yang memuaskan, memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para mahasiswa dan pastinya mendapatkan pendanaan terbanyak dari pemerintah UK. Silahkan pelajari asosiasi ini secara terperinci pada link tersebut di atas. 

Berikut daftar universitas yang tergabung dalam Russel Group – UK:
          University of Birmingham
          University of Bristol
          University of Cambridge
          Cardiff University
          Durham University
          University of Edinburgh
          University of Exeter
          University of Glasgow
          Imperial College London
          King's College London
          University of Leeds
          University of Liverpool
          London School of Economics and Political Science
          University of Manchester
          Newcastle University
          University of Nottingham
          University of Oxford
          Queen Mary University of London
          Queen’s University
          Belfast
          University of Sheffield
          University of Southampton
          University College London
          University of Warwick
          University of York 

  • Association of American Universities
    http://www.aau.edu/

    Sama halnya dengan Russel Group di UK, US pun memiliki beberapa asosiasi, salah satunya adalah AAU. " The Association of American Universities (AAU) is a nonprofit 501(c)(3) organization that comprises 62 leading public and private research universities in the United States and Canada.  Founded in 1900 to advance the international standing of U.S. research universities, AAU today focuses on issues that are important to research-intensive universities, such as funding for research, research policy issues, and graduate and undergraduate education.

    AAU member universities are on the leading edge of innovation, scholarship, and solutions that contribute to the nation's economy, security, and well-being.  The 60 AAU universities in the United States award nearly one-half of all U.S. doctoral degrees and 55 percent of those in the sciences and engineering
    ."

    Publik (34)


    • Universitas Arizona (1985)
    • Universitas Buffalo (1989)
    • Universitas California, Berkeley (1900)
    • Universitas California, Davis (1996)
    • Universitas California, Irvine (1996)
    • Universitas California, Los Angeles (1974)
    • Universitas California, San Diego (1982)
    • Universitas California, Santa Barbara (1995)
    • Universitas Colorado Boulder (1966)
    • Universitas Florida (1985)
    • Institut Teknologi Georgia (2010)
    • Universitas Illinois, Urbana-Champaign (1908)
    • Universitas Indiana (1909)
    • Universitas Iowa (1909)
    • Iowa State University (1958)
    • Universitas Kansas (1909)
    • Universitas Maryland, College Park (1969)
    • Universitas Michigan (1900)
    • Michigan State University (1964)
    • Universitas Minnesota (1908)
    • Universitas Missouri-Columbia (1908)
    • Universitas Rutgers (1989)
    • The University of North Carolina at Chapel Hill (1922)
    • The Ohio State University (1916)
    • Universitas Oregon (1969)
    • The Pennsylvania State University (1958)
    • Universitas Pittsburgh (1974)
    • Universitas Purdue (1958)
    • Stony Brook University, The State University of New York (2001)
    • The University of Texas at Austin (1929)
    • Texas A&M University (2001)
    • Universitas Virginia (1904)
    • Universitas Washington (1950)
    • Universitas Wisconsin–Madison (1900)

    Swasta (26)

    • Universitas Boston (2012)
    • Universitas Brandeis (1985)
    • Universitas Brown (1933)
    • Institut Teknologi California (1934)
    • Universitas California Selatan (1969)
    • Universitas Carnegie Mellon (1982)
    • Case Western Reserve University (1969)
    • Universitas Chicago (1900)
    • Universitas Columbia (1900)
    • Universitas Cornell (1900)
    • Universitas Duke (1938)
    • Universitas Emory (1995)
    • Universitas Harvard (1900)
    • Universitas Johns Hopkins (1900)
    • Institut Teknologi Massachusetts (1934)
    • Universitas New York (1950)
    • Universitas Northwestern (1917)
    • Universitas Pennsylvania (1900)
    • Universitas Princeton (1900)
    • Universitas Rice (1985)
    • Universitas Rochester (1941)
    • Universitas Stanford (1900)
    • Universitas Tulane (1958)
    • Universitas Vanderbilt (1950)
    • Universitas Washington, St. Louis (1923)
    • Universitas Yale (1900)

    Kanada (2)

    • Universitas McGill (1926)
    • Universitas Toronto (1926)
     
  • Ivy League

Juga merupakan salah satu asosiasi yang ada di US. Daftar universitas bisa dilihat melalui tautan di atas.
 
Catatan untuk semua laman website survey yang anda gunakan untuk mencari universitas:
-  Universitas yang tidak masuk dalam asosiasi baik Russel Group, AAU ataupun Ivy League bukan berarti menjadi universitas yang tidak unggul dan memiliki kredibilitas terbaik, oleh karena itu lakukanlah riset sebanyak mungkin terkait universitas lainnya yang yang memiliki keunikan dan karakteristik khusus, seperti salah satunya Cranfield University di UK, yang merupakan universitas unggul dalam bidang Aerospace di UK, terlebih dalam hal risetnya terkait Aerospace. Memiliki beberapa pengharagaan berupa Four-time winner of the Queen's Anniversary Prize. Untuk di Indonesia, universitas yang juga populer dalam bidang khusus yaitu IPB yaitu untuk bidang pertanian yang tidak ditemukan di universitas-universitas ternama lainnya di Indonesia. Jadi, temukan ciri khas dan karakteristik unggul di setiap universitas pilihan dan sesuaikan dengan jurusan yang anda ambil.

- Gunakan informasi yang diberikan hanya sebagai referensi dan gambaran umum universitas-universitas yang ada dan terdaftar dalam top survey, bukan untuk menentukan secara langsung pilihan universitas.
 
-  Kembali screening pada beberapa kriteria pribadi yang telah di rangkum di awal apakah sudah sesuai atau tidak.

  • Official Website Universitas yang dituju
Langkah ini merupakan cara langsung menggali informasi pada alamat website universitas-universitas. Cara ini merupakan cara yang paling membantu untuk mendapatkan informasi universitas secara umum dan juga program studi serta jurusan yang ditawarkan secara khusus. Bahkan informasi penting lainnya bisa diperoleh secara langsung melalui alamat website universitas. Biasanya waktu lebih banyak di habiskan pada proses pencarian disini. 

Contoh Website Universitas Dalam Negeri:
·       ITB                 : https://www.itb.ac.id/
·       UI                   : www.ui.ac.id/
·       UNDIP          : www.undip.ac.id/
·        UGM              : www.ugm.ac.id/

Contoh Website Universitas Luar Negeri:
·         Harvard University                  : www.harvard.edu/
·         Oxford University                    : www.ox.ac.uk/
·         University of Birmingham    : www.birmingham.ac.uk/

University of Birmingham

b.      INFORMASI MELALUI PROFESOR, DOSEN, PEER/TEMAN YANG BERPENGALAMAN.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggali informasi melalui diskusi bersama Profesor, Dosen atau teman yang dirasa mengerti dan tahu informasi terkait universitas mana yang bisa menjadi referensi untuk dipilih. Setiap informasi ataupun pengalaman yang mereka alami bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Dengan mendapatkan informasi dari banyak orang, andapun bisa mendapatkan penilaian dari sudut pandang lain.

c.       INFORMASI MELALUI PIHAK KAMPUS DAN KONSULTAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Saat ini ada banyak konsultan pendidikan gratis di Indonesia yang dapat membantu anda menemukan universitas-universitas yang memiliki kualitas terbaik, beberapa di antaranya adalah:
  • IDP Indonesia
  • Suneducation
  • Edlink
Atau cara lain yang bisa digunakan adalah menanyakan informasi melalui pihak kampus/international office yang mengelola bidang studi lanjutan baik dalam dan luar negeri.

Selanjutnya, tentukanlah pilihan anda jika sudah melalui tahapan :
  • Memilih beberapa nominasi universitas yang masuk kriteria dengan beberapa metode dan mengumpulkan informasi yang valid.
  • Sudah melakukan diskusi dengan profesor, dosen atasan atau teman yang lebih berpengalaman, dan/atau
  • Meminta bantuan lembaga pendidikan dan international office di kampus.
Jika sudah menemukan pilihan universitas, idealnya 2 atau 3 universitas, maka lakukanlah proses pendaftaran. Mengapa dibatasi pada beberapa saja, karena pertimbangan waktu, proses pendaftaran dan biaya pendaftaran.

3.       DAFTAR DAN PENUHI SETIAP PERSYARATAN ADMINISTRASI

Proses pendaftaran pada umumnya adalah dengan mengisi aplikasi pendaftaran pada website universitas secara Online, dengan tahapan berikut :
  • Buka aplikasi online pada website universitas
  • Membuat akun peserta pendaftaran
  • Mengisi data diri
  • Melampirkan dokumen pendukung seperti Ijazah, transkrip nilai, foto, ID card (passport/KTP), IELTS/TOEFL score serta dokumen pendukung lainnya. Sesuaikan dengan list persyaratan pendaftaran yang tertera pada website.
  • Klik Submit/Apply/Daftar
Penting untuk dipersiapkan dengan maksimal – dokumen penunjang berikut:
  • Surat Referensi, yang bisa diperoleh dari Dosen / Profesor / Dekan atau Pimpinan / Tokoh Masyarakat yanganda kenal
  • Cover Letter, buatlah dan mintalah review dari beberapa rekan anda.
  • Essay, yang biasanya terdiri dari Mengapa memilih Universitas dan Mengapa memilih Jurusan/Topik tersebut.

4.      LAKUKAN SESUATU SAAT MENUNGGU HASIL 

Saat menanti hasil pendaftaran maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
-  Cek program beasiswa
§  Beasiswa dari kampus
§  Beasiswa dari pemerintah dalam negeri
§  Beasiswa dari pemerintah luar negeri
-   Sering mengecek email, supaya tidak terlambat mengetahui balasan dari pihak kampus
-  Jika sudah melebihi deadline pengumuman namun juga tidak kunjung mendapatkan konfirmasi, maka pihak kampus bisa diemail kembali.
-  Jika hasil sudah keluar maka anda akan diberikan:
§  LOA – Letter of Acceptance: Conditional – Lulus bersyarat. Misal: Harus memenuhi score Bahasa Inggris atau mengirim dokumen asli ke pihak kampus.
§  LOA – Letter of Acceptance: Unconditional – Lulus tanpa syarat, anda bisa melakukan komunikasi lanjutan terkait beberapa hal yang perlu dilakukan.
§  Offer Letter, anda diminta untuk meresponi dengan menerima atau menolak tawaran masuk universitas pada program yang ditawarkan.

Pentingnya memilih:
  • Pilihan studi dan universitas tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan sangat menunjang cita-cita, visi misi, karir dan riset yang akan dikerjakan.
  •  Memberi nilai tambah pada aspek kehidupan lainnya terkait: Networking, Pengalaman Organisasi, kultur budaya dan lainnya yang ingin diperoleh dari universitas tujuan.
  • Tidak menyesal dikemudian hari dengan pilihan yang diambil karena sudah melalui bebagai macam proses screening, sehingga bahagia dan senang saat menjalani studi serta yakin mampu menuntaskan studi dengan baik dan menghasilkan karya yang baik pula.
  Do:
  • Harus memiliki Visi dan Misi atau tujuan hidup secara pribadi mengapa ingin melanjutkan studi. Tanya kenapa mau kuliah? Ingin berbuat apa? Ingin berkarya apa?
  • Pertajam minat, bakat dan passion.
  • Dalam hal memilih jurusan, pilihlah jurusan dulu baru universitas.
  • Bangun networking agar banyak mendapatkan informasi dari beberapa orang yang berpengalaman.
  • Aktiflah untuk mencari informasi: googling, blog walking, net-surfing.
  • Membuat target, checklist dan timeline khusus untuk memonitor progres persiapan studi.
  • Berkerjasama dengan teman-teman yang juga ingin studi.
  • Meminta bantuan konsultan pendidikan jika dirasa tidak percaya diri mengerjakan sendiri: IDP Education, Sun Education, EdLink
  • Luangkanlah WAKTU khusus untuk melakukan riset universitas
Don’ts
  • Don’t be a follower! Jangan memilih universitas terbaik hanya karena teman-teman banyak masuk universitas tersebut tetapi ternyata tidak ada pilihan jurusan yang sesuai dengan yang kita ingini. Sehingga akhirnya memilih pilihan jurusan lain yang tidak sesuai dengan tujuan awal.
  • Jangan malu bertanya (gengsi) dan malas mencari informasi.
  • Ingin sukses sendiri dan tidak ingin berbagi informasi kepada teman-teman yang lain yang juga membutuhkan informasi terkait universitas. Berbagilah :)
Soo.. sekian tulisan panjang ini, kiranya bermanfaat bagi para pencari "rumah yang nyaman untuk belajar".

Temukan ringkasan penjelasan di atas melalui chart berikut ini :


Rangkuman Alur Menemukan Universitas Pilihan - by Gustina

Simak juga artikel terkait beasiswa LPDP pada link berikut:
- Tips lolos seleksi substansi Beasiswa LPDP
- Tips lolos seleksi administrasi Beasiswa LPDP

Semangat menemukan universitas pilihan terbaiknya :)

Salam berbagi,
Gustina Buchu - writer
Elioenai Sitepu - editor

*Dream big while you are awake, not asleep*

9 comments:

  1. wahhh...kisahnya menginspirasi banget buat aku...jadi pengen lanjut S2 juga nihh,hehe

    ReplyDelete
  2. Mba Gustina, saya pengen terhubung di LinkedIn, Boleh ngga yahh? hehe

    ReplyDelete
  3. salam kenal kak gustina. aku suka baca postingan kakak bermanfaat sekali.
    kak gustina, sharing juga dong kak tentang LPDP hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.... salam kenal. Kebetulan diartikel lainnya juga ada bahas soal lpdp. Coba di cek2 yah.. :D

      Delete
  4. pak ambil dimana magister safety??
    kebetulan saya juga lagi nyari safety, tapi pengennya di timur tengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di University of Birmingham, UK. Saya wanita :)

      Delete
  5. saya mahasiswa dari IT TELKOM SURABAYA


    Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini .. terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.