Catatan Akhir Tahun : Pentingkah melakukan refleksi evaluasi dan memiliki resolusi?

Setelah 365 hari...
Setelah 8760 jam...
Setelah 525600 menit...
Setelah 31536000 detik...
Sudah terlewati.
Dan setelah sekian episode, serta lembar catatan kehidupan dijalani...

Penting ngga ya melakukan ritual tahunan bagi kebanyakan org, seperti refleksi diri, evaluasi dan membuat resolusi utk tahun selanjutnya?

Bagi saya secara pribadi ini sangat PENTING. Karena sebenarnya ini momen dimana saya akan menilai diri saya pribadi secara jujur, dimana letak kekurangan dan mana yg harus diperbaiki.

Kebiasaan ini dulu dimulai waktu masa kuliah S1. Mulai dari nulis di selembar kertas, lalu niat dikit nulisnya di note khusus dan yg paling niat sampe ngetik sedetail2nya di laptop.

Evaluasi dan refleksi dimulai dengan duduk diam, lalu nanya2 sama diri sendiri dan mengingat2 kembali. Dengan mengajukan pertanyaan berikut ini:

  • Apa yg belum bisa saya raih pd tahun ini?
  • Apa yg sudah saya capai yg masuk dalam daftar rencana?
  • Apa yg sudah saya raih yg tidak masuk dalam daftar rencana? (Ini hal yg paling menarik, banyak hal hal diluar perkiraan).
  • Dan dari beberapa hal yg sudah dikerjakan. Bertanya lagi.
  • Sudahkah yg terbaik yg diberikan?
  • Sudahkah bermanfaat bagi banyak org?
  • Sudahkah memberikan nilai tambah bagi dunia dan sekitar ini?
Nah, kalau membuat rencana atau resolusi tahun depannya, ini proses yg biasanya jd bikin lebih semangat memasuki tahun berikutnya. Soalnya khayalan dan impian mau jd apa dan mau ngerjain apa ditahun depan minimal sudah bisa tertuang dalam rencana.
#minimal udah jd di pikiran dan tulisan.
Biar agak rapih dan keliatan banget niatnya, maka dituangkanlah ke dalam beberapa hal atau bagian kehidupan. Berikut beberapa hal itu, ini merupakan contoh saja, siapa tau bisa memberikan inspirasi.

Personal
Ini merupakan sisi lain dalam diri yg ingin diperbaiki, seperti karakter dan kecerdasan emosional. Misal : Kalau marah, gag mau mengeluarkan kata kata kasar. Atau dalam berbicara sehari2, gag perlu ikut2an atau latah ngucapin kata yg nampak gaul atau kekinian namun tidak mendidik dan cenderung kasar. Contoh lainnya mempertahankan gaya hidup Ontime.

Softskill
Kalau ini merupakan sisi pengembangan diri dari segi softskill, seperti kemampuan dalam hal memimpin atau Leadership dan juga Public Speaking. Dan biasanya utk hal ini saya juga kelompokan dengan pengetahuan atau kecerdasan intelektual. Tiap tahun saya menargetkan diri sendiri buat belajar sesuatu yg spesific yg tidak saya ketahui sebelumnya, contohnya soal proses bagaimana minyak dan gas bisa didapatkan hingga bisa digunakan dlm kehidupan sehari-hari.

Hardskill
Ini merupakan list apa yg ingin saya bisa lakukan untuk tahun selanjutnya, misal mengembangkan kemampuan memasak, bermain musik bahkan kemampuan membuat sebuah tulisan maupun mampu menggunakan alat2 atau sofeare5 trtentu. Ini bagian yg paling menantang juga buat saya secara pribadi kalau seandainya target tersebut sesuatu yg saya tdk bisa lakukan sama sekali.

Pekerjaan
Kalau mengenai pekerjaan, biasanya terkait ide atau inovasi apa yg mau dikerjain ditahun berikutnya. Ini sejalan sama komitmen awal tahun yg dibuat waktu ditempat kerja dulu. Karena status sedang tidak berkerja maka list untuk tahun depan ini jadi Not Applicable.

Studi
Kalau buat teman2 yg lagi studi, apalagi tahun selanjutnya merupakan tahun terakhir maka impiannya gag jauh2 dari lulus tepat waktu dan mendapatkan hasil yg terbaik. Utk tahun depan semoga bisa ngerjain tesis yg maksimal dan bermanfaat bagi banyak orang. Dan (ngarep bgt) lulusnya dengan nilai yg terbaik pula. Ampe udah mimpi ini, jadi lulusan terbaik beberapa hari yg lalu. Lulus juga belom. Hahaha

Organisasi/Society/Community
Buat yg hobby banget dan gag bisa diam diluar mengerjakan pekerjaan dan studi, biasanya pasti ikut dalam kegiatan organisasi atau community atau society. Misal tahun ini mau join komunitas berbeda dr tahun sebelumnya. Bisa terkiat hobby dan lainnya atau mendirikan society.

Keluarga, Teman dan Relasi 
Ini merupakan hal penting juga buat saya pribadi, supaya menjadi pengingat bahwa saya ingin menjadi orang yg lebih baik dari tahun2 sebelumnya bukan sekedar untuk kepuasan dan target pribadi tapi juga ada beberapa org di sekitar yg bisa dipengaruhi. Entah sisi baik dan buruk. Oleh karena itu penting juga melihat dr segi ini. Apa yg mau dicapai atau apa yg ingin dikerjakan secara bersama2 dengan keluarga teman dan dalam hal berelasi.

Setiap org akan memiliki gaya dan cara sendiri bagaimana mengakhiri akhir tahun ini dengan baik bahagia dan damai.

Yg menjadi poin penting adalah bagaimana ke depan kita bisa menjadi seseorang yg selangkah lebih maju, *minimal....

Selamat menikmati malam pergantian tahun 2016. Jadilah yg terhebat di tahun 2017.
Godspeed

Salam,
Buchu - Yg lagi holiday di Edinburgh, Scotland. Nulisnya di mobil bgt ini.

No comments:

Powered by Blogger.