Bagaimana Membuat VISA USA | Untuk Conference (B1/B2 Type)

Halo buat yg mau apply VISA US,

Saya mau berbagi terkait pengalaman membuat VISA US untuk kepentingan conference. 

Berikut tahapan-tahapannya:

1. Cari tau tipe VISAnya

Penting untuk diketahui bahwa VISA ke US ada 2 kategori : Imigrant dan Non-Imigrant serta disetiap kategori akan ada lagi berbagai macam tipe yang di tandai dengan huruf-huruf.

Nah karena keperluan saya adalah untuk menghadiri conference, maka saya memilih Non - Imigrant Visa, dengan tipe B1, dengan purpose of travel statementnya : Business Visitor.

Buat yang pengen apply VISA US buat jalan-jalan atau holiday, applynya Non-Imigrant Visa dengan tipe B-2, purpose of travel statementnya : Tourism, vacation, pleasure visistor.
Untuk informasi tipenya apa aja, bisa diliat2 di link ini: https://travel.state.gov/content/visas/en/general/all-visa-categories.html

2. Mengisi formulir online sesuai dengan kategori dan tipenya

Karena kebutuhan saya adalah nonimigant visa, maka nama formulirnya adalah Online Nonimigrant Visa Application - DS-160. Silahkan check di link ini untuk mengisi formulir online:  https://ceac.state.gov/genniv/

Proses ini merupakan bagian yang paling penting untuk dilakukan dengan baik, benar dan penuh ketelitian. Jangan sampai ada data salah yang diisi. Tentukan embassy US yang terdekat dengan anda. Karena saya masih berada di UK, maka US embassy yg terdekat adalah di London, maka saya memilihi tempat untuk dilakukannya proses aplikasi adalah disana. 

Foto-
Pengalaman mengisi formulir online ini, saya khususkan 1 hari full untuk mengisinya sampai tuntas. Dan yang utama sebelum mengisi formulir online, pastikan kita memiliki foto yang sesuai dengan dimensi yang di perlukan dalam aplikasi online. Waktu itu saya dan teman saya terhenti ditengah jalan dalam mengisi formulir, karena diminta meng-upload foto. Jadilah kami mencari spot diseluruh rumah yang terang, jelas dan backgorundnya putih. Pakai acara make up sederhana dulu bagian wajah, karena belom mandi. hahahah

Alamat Tinggal Di US-
Penting untuk mengetahui alamat tinggal selama di US, karena informasi ini diminta, serta berapa hari akan ditinggal disana. Saya dan teman saya sudah menyewa tempat tinggal untuk disana melalui airbnb, jadi kami tinggal mengisi alamat lengkap rumah yang kami sewa tersebut. Jadi, pastikan sdah punya alamat rumah selama di US ya, dari datang hingga kembali lagi ketempat asal.

Biaya-
Pastikan sumber biaya selama di US jelas dan cukup. Kebetulan saya akan di sponsori oleh pember beasiswa yg sama untuk keperluan conference saya, maka saya cukup mencantumkan nama sponsorship saya. Jika biaya sendiri, maka carilah informasi terkait berapa minimun uang yg harus ada di rekening untuk memenuhi syarat VISA (Jika Ada). Dan untuk biaya membuat VISA US pun pastinya ada, sekitar $160. Ketika akan membuat appointment, pastinya setelah mengisis aplikasi online, kita harus membayar biaya pembuatan VISA.
Undangan-
Pada saat mengisi aplikasi online ada pertanyaan terkait siapa yang mengundang, lembaga atau organisasi maka, maka informasi tersebut harus dicantumkan termasuk nama contact person dr organisasi penyelenggara conference.

Masih banyak pertanyaan lainnya, namun hal2 di atas yg perlu sekali dipersiapkan ketika akan mengisi aplikasi online. 

3. Document yg harus dipersiapkan

Berikut daftar document yang saya siapkan:
- BRP (Biometric Residence Permit). *Ini dilihat dan dicek aja
- Passpor, Jika ada passpor lama, juga turut disertakan. *Diambil
- Foto 5x5 (4 Lembar). *Gag dicheck/diambil
- Letter of acceptance (dari penyelenggara conference). *Diambil
- Official Invitation (dari penyelenggara conference). *Diambil
- Confirmation Page Online Aplication dengan barcode (Kalau sudah mengisi data aplikasi online, maka confirmation page akan muncul dan ada perintah di print atau di email). *Diambil
- VISA Interview Appointment Letter (Kalau sudah bayar dan memilih tanggal appointment, nanti akan ada email terkait appointment, jadi print saja). *Diambil
- Bukti sudah membayar VISA aplikasi, nanti ada dikirim ke email juga. *Gag dicheck/diambil
- Bukti menyewa tempat tinggal di US (email konfirmasi dari airbnb.com).  *Gag dicheck/diambil
- Bukti tiket pesawat yang sudah dibeli.  *Gag dicheck/diambil
- Surat pertanyaan dari kampus bahwa saya masih mahasiswa disana. *Gag dicheck/diambil
- Print Bank Account. *Gag dicheck/diambil

4. Appointment Day - Wawancara VISA

Pada saat appointment day untuk interview, pastikan datang lebih pagi dari yang dijadwalkan, karena kami sudah pagi pun datang, antrian sudah panjang sekali. Kalau ditanya bagaimana berpenampilan, bebas aja kayanya. Soalnya ada yang pake kaos dan celana pendek, juga gag masalah. Disini sepertinya (orang bule) tidak akan diskriminasi soal cara berpakaian.
Pastikan tidak membawa barang dan cairan aneh2 di dalam tas, karena ada yang bawa parfum botol gede di tas, eh disuruh dibuang di bak sampah, *syediih kan.


Nah, saat udah melewati beberapa gate pemeriksaan yg super ketat, kita akan menuju receptionist untuk mengambil nomor antrian, lalu duduk menuju ruang tunggu. Tunggu aja sampai nomor antrian dipanggil dan pastikan di window atau loket nomor berapa kita dipanggil.

Pemanggilan pertama, saya menuju loket untuk menyerahkan document2 (hanya point yang diambil pada penjelasan nomor 3) dan melakukan sidik jari. Mereka akan melemparkan beberapa pertanyaan seperti:
- Mau ngapain?
- BRP ada?
-  Surat dr penyelenggara ada?
- Ok sidik jari 4 kiri 4 kanan.

Jika sudah antri lagi untuk ke loket selanjutnya kali ini untuk wawancara khusus, pertanyaannya waktu itu untuk saya adalah:
- hi, apa kabar.
- apakah kamu seorang mahasiswa disini
- ouw, birmingham. jurusan apa?
- kapan masa berakhir programnya?
- ke US ngapain?
- apa nama conferencenya?
- oh iya, coba sebutkan lg tadi jurusanmu apa?
- Kamu diundang sebagai pembicara?
- poster atau paper?
- topiknya apa?
-  wow... ok. kapan rencana berangkat?
- kapan balik? Tanggal berapa? Berapa Hari?
- gag jalan2 dulu? *Pertanyaan pancingan.
- oiya, siapa yg mendanai biaya ke US, pihak penyelenggara atau kampus? 
- well. eveyrthing is fine. your visa is approve (katanya gitu). document akan ditahan dulu, setelah 3 hari kerja akan dikembalikan. Silahkan diambil sesuai dengan pilihan tempat mengambil document pada saat mengisi visa aplikasi online. terimakasih, sukses untukmu.

Saya mencoba memperhatikan, bahwa ketika interviewer memberikan pertanyaan, bahasa tubuh beliau seperti mencocokan jawaban saya dengan apa yang tertera di komputer lalu sambil mengetiknya. Saya mencoba mengambil kesimpulan (belum tentu benar), bahwa apa yang kita jawab harus memiliki kesesuaian dengan isi formulir online kita. Makanya perlu diingat2 lagi isian di formulir apa, karena semua pertanyaan yg diajukan adalah pertanyaan yg ada di formulir. 

Malam hari sebelum wawancara dilakukan, saya melakukan latihan wawancara, menanyakan diri sendiri, lalu jawab sendiri. 

Well, walaupun sesi wawancara sudah berakhir, dan passpor saya di ambil beserta beberapa document, saya tetap deg2an. Katanya sih kalau passpornya dikembalikan maka VISA ditolak. Tepat sebelum giliran saya ke loket wawancara, ada satu wanita cantik menangis di depan saya, minta berbicara kepada pegawai visa lainnya, karena (sepertinya) visanya ditolak, saya pun deg2an sodara2, tapi harus melangkahkan kaki dengan percaya diri dan berpikir positif. Jawablah semua pertanyaan dengan lantang, senyuman, dan jelas tanpa ragu2. Oiya, selama di line antrian wawancara, saya mencoba mengingat lagi jdul penelitian saya yang panjang bgt itu, siapa tau ditanya, eh ternyata beneran ditanya. Wusyaaaa....

5. Mengambil dokumen kembali

Well, saatnya menanti dokumen kita diambil dan melihat hasilnya apa (final confirmation). Kita menunggu email dr pihak yg mengirim document dan kita bisa track apakah dokumen sudah tiba atau tidak di tempat yg kita tuju. Atau... pilihan lainnya jika tidak ingin repot, sebenarnya bisa minta document dikirim ke rumah dngan tambahan biaya khusus, ya lumayan ongkosnya. Waktu tunggu sekitar 3 - 5 hari kerja setelah jadwal wawancara.

Taaaaaaraaaaang.............. saatnya mengambil dan membuka dokumen, ini dia..... :


Contoh VISA USA di Passpor

Tadinya Apply B1, cuman dikasih juga B2 (katanya kebanyakan memang kalau apply B1, B2 juga akan dikasih, tapi ya gag semua, ada juga yg B1 aja katanya dapet). Jadi ini VISA bisa dipake buat holiday dalam kurun 5 tahun ke depan, ya semoga ada anugerah dan mujizat membawa langkah kaki ini lagi ke US. Ameeeeeen... 

Sukses buat kamu-kamu yang lagi berjuang. Buat yang mau tanya-tanya lagi, silahkan. 
Semoga membantu dan memberikan pencerahan. 

Salam,
Buchu - UK

3 comments:

  1. Share yang sangat bermanfaat. Ditunggu share info yang lain mbak....

    ReplyDelete
  2. Thanks for a very interesting blog. What else may I get that kind of info written in such a perfect approach? I’ve a undertaking that I am simply now operating on, and I have been at the look out for such info. wiza do Kanady

    ReplyDelete

Powered by Blogger.