Tips membuat UK Visa Visitor untuk beberapa anggota keluarga secara bersamaan

Halo Traveller,

Kali ini saya akan berbagi terkait bagaimana pengalaman membuat UK Visa Visitor untuk anggota keluarga terdiri dari papa, mama, om, tante dan saya sendiri. Semoga bermanfaat.

cekidot... ya... langkah-langkahnya...

1. Mengisi Form Online, di link ini https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

Kita harus mendaftarkan diri di link tersebut di atas. Jika akun sudah ada, maka kita mulai mengisi form pendaftaran. Buat mama, papa , om dan tante saya memilih pilihan " Apply for someone else ". Jadi, kita bisa mendaftarkan org lain melalui akun kita satu per satu. Jika mendaftar utk diri sendiri tentu pilihannya berbeda yaitu pilihan apply untuk diri sendiri.

Mulailah mengisi formulir berhati-hati dan teliti, jangan sampai ada yang salah. Jangan lewatkan satu pertanyaanpun. Pastikan anda mengerti apa yg ditanyakan. Untuk beberapa pertanyaan yg dirasa bingung, jangan ragu untuk google ya guys... cari istilahnya apa. Misal, saya kebingungan mengenai istilah Dependent children and Non - Dependent children lalu pertanyaan terkait total biaya yang mencakup estimasi pengeluaran dan yang diberikan oleh sponsor. Karena ternyata setelah saya cek, banyak yg bingung juga terkait pertanyaan ini. Selebihnya bisa dijawab dengan yakin tanpa ragu. Sebelum klik submit application, baca ulang lagi dari awal ya. Sampai yakin, baru klik submit. Sepertinya saya waktu itu membaca ulang formnya utk semua anggota lebih dari 5 kali. Cocokan dengan dokumen-dokumen yang akan dilampirkan. Harus sesuai  semua, dari nama, tangal lahir, dll. 

Kalau sudah submit. Maka segera memilih jadwal appointment pada akun anda satu persatu untuk 1 nama.Pastikan tanggal dan jam sama dan tentunya kamu punya waktu utk dtg tepat waktu. Kta juga diminta memilih tempat appointment di kantor VFS namanya. Saya memilih yg di Kuningan, Jakarta. Jika sudah mengisi formulir, mari siapkan dokumen2. Oiya, ada proses pembayaran VISA juga, sekitar $125 per orang. Jadi disini sudah keluar uang ya, diterima atau engga ya tetep bayar diawal.

2. Menyiapkan dokumen lampiran


Berikut adlah dokumen yg disiapkan sebagai lampiran, masing-masing berupa 1 lembar dokumen asli dan 1 lembar dokumen copy-nya. Jika dokumen butuh diterjemah, maka saya lampirkan dokumen asli terjemahan. Masing-masing berkas pelamar terdiri dari:

  1. Passpor, asli dan copy.
  2. Akta Lahir, diterjemah jika dokumen akta-nya masih versi jadul belum bilingual. Jika sudah, maka tidak perlu diterjemah, cukup lampirkan asli dan copy nya. Untuk penerjemah, kita harus menggunakan penerjemah tersumpah. Saya menggunakan jasa Anang Translator, 35 ribu satu lembar. Cukup murah dibandingkan yg lain bisa sampai 50ribu.
  3. Kartu Keluarga, asli, copy dan vesi terjemahannya.
  4. Surat Nikah, bagi yang sudah berkeluarga. Asli, copy dan terjemahannya.
  5. Surat Ijin Atasan dalam bahasa Inggris lengkap dengan Kop surat instansi bagi yang statusnya sedang bekerja.
  6. Surat Sponsor Pemberi Dana dalam bahasa Inggris (Lampirkan ID Sponsor) pada masing-masing berkas pelamar visa.
  7. Surat Referensi dari bank dalam bahasa Inggris milik sponsor (Ini kudu datang ke Bank lsg, buat minta surat, karena saya menggunakan bank Mandiri, biaya pembuatan surat referensi dikenakan sebesar 150.000 rupiah). Yang asli saya lampirkan di dokumen aplikasi saya, yang fotocopy di dokumen mama papa om tante. Usahakan fotocopy-nya pun berwarna. Nah, ada beberapa referensi mengatakan jika didalam rekening harus ada minimal 50 juta per orang utk keperluan pengurusan VISA, walaupun disyarat tidak diminta detail berapa minimumnya. Oleh karena itu, opsi membuat budget allocation penting dilakukan utk melihat kira-kira berapa sebenarnya pengeluaran yg kta perlukan selama di UK. Tapi kalau bisa menyiapkan 50 juta per kepala ditabungan, juga bisa utk memperkuat bukti keuangan selama liburan.
  8. Rekening Koran 3 Bulan terakhir (sebenarnya kalau udah ada referensi bank, rekening koran gag perlu, namun biar totalitas maksimal tanpa batas, saya juga lampirkan). Ini sama, saya lampirkan di dokumen aplikasi saya/berkas saya saja. Untuk anggota keluarga yg lain, cukup surat referensi bank.
  9. Surat Keterangan Kampus terkait acara wisuda, kebetulan memang pergi ke UK tujuan utamanya mau wisudaan. Jadi saya juga lampirkan surat pemberitahuan kegiatan wisuda dikampus. Ini dilampirkan pada masing-masing berkas.
  10. ID Card student milik saya dilampirkan pada masing-masing berkas.
  11. BRP - Semacam KTP ala UK milik saya yang dulu, juga dilampirkan pada masing-masing berkas.
  12. Itinerary, rencana perjalanan selama disana mulai dari tanggal, jam, agendanya apa, lokasi dimana dan tempat menginap dimana.Dilampirkan pada masing-masing berkas. Nah ini nih butuh waktu lama, saya bikin dr jam-jamnya, kemananya, tempatnya apa, ngapain dan nginapnya dimana, udah semacam jadwal tour ala agen travel.
  13. Bukti pembelian Tiket - PP, Dilampirkan pada masing-masing berkas. Saya sudah membeli tiket PP.
  14. Bukti pemesanan akomodasi selama di UK, Dilampirkan pada masing-masing berkas. Saya sudah memesan akomodasi selama di UK.
  15. Dan yang paling niat adalah, bikin Budget Allocation, kira2 selama disana bakal habis dana sebesar apa kira2. Dilampirkan pada masing-masing berkas. Pengeluaran mencakup transportasi (bis, kreta, tube), makan 3 kali sehari, dan lainnya.
  16. Janga lupa print FORM Online aplikasinya serta VISA Appointmentnya, bahkan confirmasi pembayaran VISA pun saya print juga.

Saya siapkan map atau berkas yang berwarna sama untuk kami, hanya saja saya tmpelkan nama dimasing-masing berkas. Saya juga memberikan briefing kepada mama papa om tante utk mengetahui nama-nama dokumen yang sudah disiapkan. Jadi semacam ada latihan simulasi penyerahan berkas. Biar gag gagap kalau ditanya dokumen ini mana, dokumen itu mana, semua sudah tau dan mengerti. Maklum, namanya juga pengalaman pertama buat mama papa om tante, jadi persiapan kudu cetar, hahaha

3. Appointment di kantor VFS untuk penyerahan dokumen dan Biometrik

Kita akan datang ke salah satu kantor VFS  sesuai dengan jadwal appointment VISA yg kita pilih. Pastikan tidak dg terlambat. Kita akan diperbolehkan security masuk 5 menit sebelum jadwal yg telah ditentukan. Disarankan tidak membawa laptop, karena harus dititip dengan biaya penitipan. Tidak membawa koper. Hanya tas berisi dokumen-dokumen2. Saat akan memasuki ruangan, siapkan lembar appointment yg dikirim ke email sebagai bukti. Karena itu harus diperlihatkan nantinya kepada team security. Masuk ke ruangan lebih dalam lagi kita akan mengambil nomor antrian. Lalu menunggu giliran kita untuk menyerahkan dokumen-dokumen. Dokumen asli yang akan diambil adalah Passport dan dokumen terjemahan. Untuk dokumen asli, akan diserahkan kembali. 

Selanjutnya antri untuk proses biometrik, yaitu foto dan sidik jari. Jadi tidak perlu mempersiapkan pas photo. Saat menyerahkan dokumen dan proses sidik jari dan foto ada beberapa pertanyaan yg akan ditanyakan. Pertanyaan sederhana seperti nama lengkap, tanggal lahir. Setelah selesai. Pulang deh nunggu hasil 9 - 15 hari kerja. Saya minta dikirim ke alamat langsung dengan biaya 130ribu. Karena domisili di Kalimantan. Proses penyerahan dokumen sidik jari dan foto tidak sampai 30 menit. Untuk bulan2 tertentu, musim dimana mahasiswa akan melanjutkan studi ke UK, maka proses akan lebih lama, seperti dibulan Agustus - September.

Well, saatnya menati hasil VISA application sambil deg2an mengingat ini pertama kali ngurus VISA Visitor buat rame-rame dan pede bgt tanpa bantuan agen, berhubug muahaal. Dan sesuai pengalaman temen sendiri, sama agen pun hasilnya bisa ditolak, jadi tidak menjamin.

Finally, tarang......... passport dikirim ke rumah, dan kita dapat VISA, thank God.

VISA Kita dan foto team waktu jalan2 di Jakarta sekalian VISA Appointment
UK, we are coming soon!!!!

Semoga bermanfaat..... yang mau tanya-tanya boleh banget.

Tips: Hati2, teliti, dokumen yg disiapkan maksimal, luangkan waktu khusus jangan terburu2.

Salam,
Buchu - @Berau

2 comments:

  1. Buchu,
    Thanks a lot sharing tips ini. Ada yg mau aku tanyain nh.

    1. Surat sponsor pemberi dana ini dari mana ya? Aku apply sama orang tua, berarti pemberi sponsor nya ayah/ibu gitu?
    2. Tiket pesawat sama hotel harus sudah dibook sebelum appoinment?

    Segitu dulu. Tadinya mau japri WA, gk nemu nomor barumu di grup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo bro....

      1. Untuk surat sponsor, kebetulan kemaren dana aku yg keluarkan, jadi surat sponsornya dari aku dengan melampirkan rekening. kalau orang tua yg bayar, brati surat sponsornya org tua dan lampirkan rekening mereka.

      2. Aku sudah book semua sebelum apply sih, cuman kalau mau cari yg free cancellation. Tapi aku kemaren dr pada repot 2 kali, jadi lsg aja nyari buat di book beneran emang.

      Hhahahahahhaha.....

      Message via FB bro. Nanti aku reply.

      Thanks

      Buchu

      Delete

Powered by Blogger.