Lagi mencari atau melamar pekerjaan? Pelajari dulu tahapan seleksi kerja berikut ini



Bagi teman-teman pencari kerja, khususnya yg masih Fresh Graduate dimana baru pertama kali akan berpetualangan mencari pekerjaan mungkin belum bisa membayangkan bagaimana proses seleksi yang akan dilewati untuk mendapatkan pekerjaan.

Nah, kali ini saya akan bagikan pengalaman-pengalaman selama mengikuti seleksi kerja.
Berikut tahapan-tahapan seleksi yang pada umumnya akan dilewati sampai akhirnya mendapatkan pekerjaan.

Kerja dulu bro...
Seleksi Administrasi
Ini merupakan tahap seleksi awal bagi seluruh pelamar yang sudah mendaftarkan diri baik secara langsung mengirimkan dokumen lamarannya ke alamat kantor atau mengirimkan lamaran melalui email serta website perusahaan. Tentu yang diseleksi adalah “profile diri” si pelamar (baik background dan pengalaman) serta dokumen-dokumen pendukung. Pastikan dokumen yang dikirim lengkap seperti : CV, ijasah, transkrip nilai, cover letter atau surat lamaran serta sertifikat pelatihan, seminar, organisasi dan penghargaan.

Sebagai seorang fresh graduate, sangat penting memiliki pengalaman organisasi, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan sosial, mengikuti seminar dan kegiatan lainnya sebagai nilai tambah. Ikutilah jenis2 kegiatan tersebut terlebih jika sertifikat bukti keterlibatan bisa diperoleh. Sebagai seseorang pelamar yg memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sertifikat2 training serta sertifikasi profesi juga sangat penting sebagai nilai jual.

Catatan penting:
Jangan malas atau “ogah-ogahan” mengisi data diri jika metode melamar pekerjaan dilakukan via website perusahaan, dimana profile diri harus diisi sendiri. Maksimalkan jawaban anda dengan mengisi informasi selengkap mungkin, contoh pada pertanyaan: prestasi apa yang pernah anda raih? Kegiatan sosial apa yang pernah anda ikuti? Dan lainnya. Jawablah secara lengkap dan jelas. Maksimalkan persiapan pada tahapan ini, karena bagi saya seleksi administrasi merupakan pintu gerbang menuju seleksi selanjutnya. Maka siapkan segala sesuatu dengan effort terbaik.

Psikotest / Aptitude Test
Dari yang pernah saya ikuti, ada 2 jenis metode test di tahap ini. Yaitu datang langsung menuju tempat test atau mengikuti test online dimana tim seleksi akan mengirimkan link khusus ke pertanyaan2 test sehingga test ini bisa dilakukan dirumah saja. Untuk test online cenderung lebih mudah karena kita tidak perlu menulis, kita hanya klik jawaban yang benar saja. Nah untuk test langsung ditempat cenderung lebih susah mengingat kita harus menulis tangan semua jawaban yang diperlukan. Untuk nama testnya sendiri beragam namun kurang lebih sama.

Catatan penting:
Persiapkan kesehatan fisik dengan baik, selama mengikuti test ini harus fit mengingat prosesnya bisa berlangsung selama setengah hari (atau kurang kebih 4 jam). Jenis2 pertanyaan beragam. Tidak ada jawaban benar atau salah, yang ada hanyalah jawaban kita akan mendeskripsikan secara umum bagaimana karakter dan kepribadian kita.  Sehingga jika mencontek pun tak ada artinya. Jadilah diri sendiri, jawablah semua pertanyaan sesuai dengan hati nurani dan sesuai kata hati serta yang menggambarkan diri kita sendiri.

FGD Focus Group Discussion
Dari tahapan seleksi pekerjaan di beberapa perusahaan yang pernah saya lamar, hanya 1 perusahaan yang menerapkan penilaian dengan sistem FGD (Focus Group Discussion). Gambaran proses ini yaitu beberapa pelamar disatukan dalam sebuah group untuk mendiskusikan sebuah issue yang disiapkan oleh team seleksi. Kelompok diminta mendiskusikan permasalahan dan bagaimana solusi memecahkan masalah tersebut. Pada saat melakukan diskusi akan ada 1 sampai 2 orang dari team seleksi untuk melakukan penilaian. Oleh karena itu, penting sekali untuk terlibat aktif dalam diskusi dan mampu memberikan ide yang solutif.

Catatan penting:
Banyaklah membaca issue-issue terkini yang sedang ramai diperbincangkan, latihan meyampaikan pendapat dalam sebuah kelompok dan banyak pelajari metode-metode bagaimana sebuah masalah bisa diselesaikan.

Wawancara
Ini merupakan tahapan yang menurut saya memiliki porsi besar dalam menentukan apakah kita akan diterima atau tidak pada akhirnya. Saya akan list beberapa pertanyaan general (yang saya ingat tentunya) baik pada seleksi awal untuk pekerjaan pertama (baru lulus s1) dan pertanyaan untuk seleksi pada saat melamar untuk pekerjaan kedua (bru lulus S2):

Fresh Graduate:
-          Ceritakan profile diri anda (Nama hingga background pendidikan)
-          Pada saat mengikuti kegiatan Magang/Internship, kontribusi apa yg anda berikan ditempat magang? (terjadi banyak diskusi disini)
-          Apa judul skripsi anda dan jelaskan secara singkat (tujuan dan hasilnya)?
-          Pada saat duduk dibangku kuliah apakah ada kegiatan diluar perkuliahan yg anda ikuti? Sebutkan?
-          Pada saat anda melakukan sebuah pekerjaan, lalu terjadi perbedaan pendapat, apa yang anda lakukan?
-          Apakah kelebihan dan kekurangan anda?
-          Bagaimana anda mengatasi kekurangan anda?

Yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya:
-          Ceritakan profile diri anda (Nama hingga background pendidikan)
-          Jelaskan pengalaman kerja yang pernah anda miliki?
-          Apa yang anda kerjakan pada perusahaan yg sebelumnya? (banyak diskusi dan tanya jawab pada bagian ini terkait pekerjaan yg pernah dilakukan)
-          Jelaskan thesis yg anda kerjakan! (kebetukan melamar setelah lulus S2)
-          Apakah thesis yg anda kerjakan bisa memberikan kontribusi dan bisa di aplikasikan dalam dunia kerja? Jelaskan!
-          Sebutkan tantangan2 pekerjaan yg pernah anda hadapi dan bagaimana anda menyelesaikannya?

Catatan penting:
Beberapa pertanyaan akan menyinggung seputar gaji dan benefit. Beberapa pertanyaan juga akan membahas terkait personal life, seperti: hobby, pernikahan, cita-cita dan lainnya. Siapkan diri untuk interview dalam bahasa Inggris. Perhatikan penampilan pada saat wawancara, badan fit dan sehat serta bangunlah rasa percaya diri (yang tidak berlebihan tentunya). Jawablah pertanyaan dengan jujur, jawab tidak tahu jika memang anda tidak tahu sama sekali jawabannya daripada mencoba menerka namun gagal. Proses interview berlangsung 40 – 60 menit.  Proses interview merupakan kesempatan agar para interviewer mengenal kita lebih dalam. Usahakan menjawab dengan baik dan sabar, hindari perdebatan yang berujung pada kesan yang tidak baik.

Test Kesehetan
Jika hasil wawancara positif maka anda akan dipanggil untuk mengikuti rangkaian test kesehatan. Beberapa test : Cek Darah (utk melihat kolesterol, gula, dll), test narkoba, spirometri (paru2), X-ray (paru, jantung, dll), EKG (jantung), audiometri (telinga), tes fisik (diperiksa semua tubuh), urin dan feses (ini yg paling susah ^^). 

Catatan penting:
Jagalah kesehatan sejak dini dengan rutin berolahraga dan mengatur pola makan yang sehat. Jangan sampai gagal di tahapan ini, mengingat semua proses sudah hampir selesai dilewati.

Offering
Jika hasil test kesehatan anda dinyatakan sehat untuk bekerja, maka anda akan dihubungi untuk proses offering atau penawaran. Team HR akan memberitahu berapa gajih yang akan anda dapatkan serta benefit2nya. Pada proses ini biasanya diberikan waktu untuk negosiasi, apakah anda ingin gaji anda ditambah lagi.

Catatan penting:
Perusahaan mempunyai standar sistem penggajian tersendiri tergantung pada pengalaman dan status calon pegawai. Tentunya diimbangi dengan kemampuan perusahaan (sektor dan besarnya perusahaan). Survey-lah berapa standar gaji diperusahaan tersebut sebagai referensi.

Onboard
Jika anda menerima penawaran tersebut, maka tahapan selanjutnya adalah Onboard atau saatnya masuk bekerja. So, enjoy your day dan selamat bekerja^^

---------------------------------- End ---------------------------------

Segala tulisan yang dibagikan terkait tahapan seleksi merupakan pengalaman pribadi yang pernah dilalui. Setiap orang kemungkinan akan memiliki pengalaman yang berbeda. Silahkan bisa saling berbagi pengalamannya. Untuk mencari tahu informasi terkait lowongan pekerjaan bisa membuka website perusahaan tersebut, info di group alumni,  website lowongan kerja terpercaya atau bisa melalui media sosial untuk kalangan profesional seperti LinkedIn. Waspada terhadap penipuan. Silahkan mampir di link berikut: Penipuan pada lowongan kerja.

Semoga bermanfaat bagi para pencari kerja dalam mempersiapkan diri.
Selamat dan semangat berjuang. Tak ada hasil yang baik tanpa ada pengorbanan yang besar. Jangan menyerah!

Salam,
Buchu

2 comments:

  1. Apakah ada loker bu gustina, saya wahyu asal palembang sumsel.. Mohon infonya ya bu.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info loker saya bagikan via LinkedIn atau facebook pak.
      Terimakasih

      Delete

Powered by Blogger.