Wisuda 1 Jam 30 Menit yang sangat berkesan - ala University of Birmingham, UK


Moment kelulusan merupakan hal yang paling dinanti-nanti oleh para mahasiswa akhir sebagai puncak dari segala usaha dan jerih payah yang sudah dilakukan selama menempuh studi baik dijenjang S1 S2 dan S3. Moment kelulusan ini pun belum sempurna rasanya (bagi saya) jika tidak  hadir secara langsung pada rangkaian acara kelulusan tersebut, yang dikenal dengan “wisuda”. 
 
“Toga” akan menjadi atribut kebanggaan para wisudawan, kehadiran orang-orang terkasih pun turut melengkapi kebahagiaan dihari wisuda, dan tentunya tidak lupa untuk mengabadikan moment istimewa tersebut lewat foto serta video. 

Akhirnya pegang Ijasah *foto di depan gedung tempat acara wisuda.

Hal tersebutlah yang baru saja saya rasakan, yaitu mengikuti serangkaian acara wisuda yang sangat istimewa bagi saya. Kenapa? karena kali ini saya diberikan kesempatan untuk bisa merasakan wisuda yang kedua dan wisuda tersebut diadakan di salah satu universitas di luar negeri tempat saya menempuh pendidikan S2, yaitu University of Birmingham, United Kingdom.

Rasa penasaran terbesar yang ada dalam benak saya adalah “bagaimana sih rangkaian acara wisuda di luar negeri? Apakah ada hal unik lainnya pada acara wisuda ini yang berbeda dr yang pernah ada?”

Rasa penasaran ini sudah terjawab dan melalui tulisan ini saya akan coba gambarkan rangkaian acara wisuda tersebut.

Waktu dan Tempat Acara Wisuda
Acara wisuda yang diadakan oleh universitas ini ada di 2 musim, yaitu musim panas dan dingin. Sehingga ada istilah untuk acara wisuda tersebut:  Summer Graduation (Juli) dan Winter Graduation (Desember). Yang telah saya hadiri yaitu Winter Graduation pada bulan Desember. Tentunya ada hal yang membuat berbeda pada Winter Graduation ini, yaitu kondisi suhu yang sangat dingin berkisar 1 – 4 derajat Celcius. Ini pun akan mempengaruhi penggunaan busana dibalik toga saat wisuda. Sehingga pakaian tipis (kebaya misalnya) yang pada umumnya sering digunakan untuk acara wisuda tidak bisa saya gunakan. Dress dengan bahan tebal dan hangat pun menjadi pilihan. Menggunakan sepatu terbuka tanpa ada penutup pada beberapa bagian juga menjadi tantangan sendiri, sehingga saya memilih menggunakan sepatu tipe boot berbahan kain tebal nan hangat hingga lutut (berjuang melawan dingin).

Tempat untuk diadakannya acara wisuda yaitu di sebuah Hall (sebut saja gedung aula besar) kampus. Yang membuat menarik adalah tampilan interior gedung yang megah mirip bangunan ala2 kerajaan seperti di film-film. Foto-foto berikut menggambarkan kondisi dalam gedung.

Suasana didalam Hall, wisudawan mulai berdatangan
Suasana panggung

Peserta dan tamu undangan wisuda
Dalam satu acara wisuda, peserta yang hadir tidak berasal dari seluruh Fakultas / School (Istilah yang digunakan disini). Fakultas saya digabung dengan fakultas lain seperti ekonomi dan bisnis. Fakultas lainnya akan memiliki jadwal wisuda pada hari dan jam yang sudah ditentukan. Wisudawan yang hadir terdiri dari seluruh jenjang studi baik s1, s2 dan s3.
Tamu undangan yang diperbolehkan masuk kedalam gedung adalah maksimal 3 orang. Saya sebenarnya membawa 5 orang namun akhirnya bisa masuk semua kedalam gedung berkat dari usaha meminta jatah undangan teman-teman yang berlebih karena tidak membawa keluarga.  #rejekinya ya...

Bagi wisudawan yang membawa tamu undangan melebihi kapasitas telah disiapkan ruangan khusus dengan layar yang sudah disiapkan. Sehingga tamu undangan tetap bisa melihat rangkaian acara walau tidak berada diruangan secara langsung.

Bersama orang-orang terkasih

Susunan Acara Wisuda
Hal yang membuat berbeda dengan acara wisuda disini adalah, acara hanya berlangsung 1 jam 30 menit. Pelaksanaan acara wisuda dilakukan dengan tepat waktu. Ini dikarenakan akan ada jadwal wisuda selanjutnya bagi Fakultas lain. Sehingga acara sungguh-sungguh diatur flow-nya dengan ketat. Selama satu setengah jam tersebut, kira-kira susunan acaranya adalah:

  • Wisudawan masuk ke gedung mengisi bangku sesuai dengan nomor urut yang telah disiapkan.
  • Tamu undangan masuk ke gedung mengisi bangku khusus yang ada dibagian paling depan. (Saya meminta keluarga saya agar segera masuk gedung, supaya bisa duduk di bagian depan, sehingga bisa dengan mudah mengambil foto dan video ).
  • Para pemusik mengisi tempat di bagian atas panggung menghadap tamu undangan dan wisudawan.
  • Perwakilan pihak-pihak kampus yang akan mengukuhkan acara wisuda memasuki ruangan diiringi instrumen musik  yg terdengar indah, klasik dan mewah sekali (saya sampai merinding mendengarnya). Pakaian yang digunakan pun terlihat mewah. Masuk ke dalam gedung juga diiringi dengan pengawal yang membawa tongkat-tongkat emas (Saya sendiri kurang tau itu apa).
  • Setelah pihak kampus mengisi tempat pada bagian depan yang menghadap ke seluruh tamu undangan dan wisudawan. Acara dinyatakan dimulai oleh salah satu pemimpin dari pihak kampus.
  • Sambutan singkat dari pihak kampus. (Note: semua pidato disampaikan dengan sangat singkat dan tidak bertele-tele, namun tepat sasaran, kurang dari 10 menit. Sehingga pesan yang disampaikan untuk wisudawan terekam dengan jelas)
  • Pembacaaan penghargaan pemberian gelar doktor honoris causa.
  • Sambutan singkat penerima penghargaan gelar doktor honoris causa.
  • Pengukuhan Wisudawan
  • Wisudawan telah berbaris rapih pada bagan kiri dan kanan gedung. Lalu diminta maju satu persatu, hanya disebut nama lalu berjabat tangan pada satu orang pihak kampus yang telah berdiri didepan secara khusus untuk bersalaman dengan para wisudawan. Tidak ada penyebutan gelar pada setiap nama, hanya di awal saja satu kali lalu dikuti dengan menyebutkan nama-nama wisudawan.  Proses ini berlangsung cepat. Tidak ada sambutan dr mahasiswa dan orang tua. Tidak ada pengisi acara (penyanyi) atau paduan suara. Yang ada hanya pemusik yang mengiringi proses pengukuhan. Musik-musik ala ala oskestra.
  • Setelah semua nama wisudawan telah disebutkan dan semua sudah maju bersalaman, maka wisudawan akan menuju meja panitia dibagian samping kiri dan kanan panggung untuk mengambil ijasah dan transkrip nilai serta buku angkatan (tipis), kemudian kembali ke tempat duduk.
  • Salah satu pihak kampus akan memberikan pidato singkat, semacam pidato pelepasan dan motivasi kepada wisudawan.
  • Seluruh perwakilan kampus yang tadinya duduk pada bagian panggung akan turun dan keluar gedung. 
  • Diikuti wisudawan berjalan menuju panggung dari sisi kanan dan kiri lalu keluar melalui bagian tengah gedung keluar gedung. (Tentunya diringi musik nan megah, hingga berjalan penuh kebanggaan).
  • Diikuti para tamu undangan yang juga akan keluar gedung.
  • Lalu para wisudawan dan tamu undangan foto-foto, berjabat tangan diluar gedung.
  • Setelah selesai acara wisudawan bisa melanjutkan acara pribadi atau mengikuti acara resepsi/sukuran di gedung Fakultas masing-masing.
  • Acara selesai lalu mengembalikan toga ke panitia.

Acara wisuda singkat yang sangat berkesan. Semua orang bahagia, berysukur, bangga dan kagum.  Tidak menyesal jauh-jauh datang untuk 1 setengah jam yang berhasil merajut memori indah selamanya dalam catatan kehidupan ini.

Selamat bagi para wisudawan, selesai sudah tugas di kampus, kita sudah di utus membawa nama baik almamater ke seluruh penjuru dunia melalui karya nyata.

“Per Ardua Ad Alta “ – through hard work to great heights (mottonya Univeristy of Birmingham).
Sukses buat para mahasiswa yang masih berjuang.

Winter Graduation *Suasana musim dingin dan Natalan
Regards,
Buchu (MSc) #Asek

No comments:

Powered by Blogger.