Bulan pertama belajar dan "belajar hidup" di luar negeri

Hola Halo,

Buat yang nanya-nanya gimana rasanya, apa bedanya kuliah disini sama di tempat sendiri atau mana-mana tempat, mungkin melalui kisah ini bisa kebayang gambarannya (sedikit). Karena masih edisi satu bulanan disini dan minimal ada beberapa hal baru yang menarik untuk dibagikan. Ini merupakan pengalaman pribadi, siapa tau di univ bahkan negara lain punya style studi yang berbeda, monggo bisa saling berbagi kisah...

Cekidot....    
             
          Inspiring Beautiful *aseeek............

Welcome Week !

Minggu pertama sebelum masuk jadwal perkuliahan akan disajikan berbagai macam event penyambutan buat mahasiswa baru. Dari panggung musik, pentas seni budaya, jejeran booth/tenda society atau komunitas kampus (ngajak gabung kalau minat), snacks atau jajanan gratis (kalau nemu tempatnya ada dimana aja), ada yg bagi-bagiin souvenir tas cantik dll sampe acara-acara party dari yang jelas hingga tidak jelas *Lol

Nah, yang beginian ini kudu update info via email atau kepoin FB atau twitter-nya kampus dan society2 yg ada di kampus biar tau ada acara apa aja. Biar bisa gabung (skali lg kalau minat) dan juga berkenalan dengan kawan-kawan baru....

Karena disini orang-orangnya berasal dari belahan dunia mana aja, jadi kemampuan beradaptasi yang CEPAT dengan budaya disini dan budaya negara mana aja, sangat dibutuhkan. Catet, beradaptasi disini bukan berarti ikut-ikutan budaya mereka yang dianggap janggal atau ganjil ditempat kita. Ini lebih kepada "oh.... gitu" minded aja, cukup tau aja.
Siapa tau gag terbiasa dengan kata "party" misalnya, jangan langsung alergi, biasa aja. Kalem.

Suasana welcome week dibeberapa area, image by UoB
Diminggu ini juga kesempatan buat mahasiswa baru ngurus berbagai macam kebutuhan administrasi, misalnya :
  • BRP (Biometric residence permits) - ya kaya KTP gitu bentuknya, ini diambil di kantor pos biasanya, sesuaikan dengan surat pengantar pengambilan, ini salah satu ID yg wajib segera diurus.
  • Student ID - Saking banyaknya mahasiswa yg urus ini di kampus,maka dibukalah tenda-tenda tambahan utk service ini. Jadi segeralah urus ini sebelum tenda2 bubar. Biasanya buat mahasiswa international ada booth tersendiri. Dan yang menariknya tinggal cari mba mba atau mas mas ganteng pake kaos Ask Me! atau Need Help? atau sejenisnya. Mereka akan selalu berada dan beredar dimana-mana tempat untuk bisa ditanyakan terkait apapun yg membuat kita bingung. Dan sangat membantu sekali.
  • Bank Account - carilah informasi bank mana yang prosesnya tergolong cepat, tidak ribet dan aksesnya mudah bagi seorang student. Karena beberapa bank membutuh appoinment dahulu, yang mana bisa sampe seminggu baru bisa di samperin. Nah menurut pengalaman, saya nyarinya yg sehari jadi, dan agak ada effort *bangun pagi2, freezing, antri, karena sistemnya first come first serve untuk 30 org pertama yang datang duluan di bank ini. Semakin bank account cepat jadi, semakin uang yang anda butuhkan segera bisa di-transferkan. *khususnya yg hidup dr beasiswa dan bantuan mama bapak , ahahahah... Tidak lupa untuk meminta surat rekomendasi dari kampus (mintanya sekalian pas urus student ID) sebagai pengantar ke bank biar bisa bikin account nya yang buat student.
  • Apply Membership - Tranportasi Umum, karena disini akan menggunakan transportasi umum jika ingin kemana2 baik bus, kereta atau tube dan jenis transportasi lainnya maka penting untuk segera memiliki kartu member khusus student untuk mendapatkan diskon-diskon yang sangat membantu. Hidup Diskon! Biasanya juga akan dibutuhkan surat pengantar dari kampus untuk membuat kartu ini atau minta stamp/cap kampus, nah sekalian aja ini diurus pas ambil student ID.
  • Apply Membership - Belanja Murah, karena pasti akan selalu belanja kebutuhan harian dan penunjang studi seperti groceries, toiletry, stasionery, dan lainnya, maka penting untuk segera membuat kartu member di tempat belanja khusus untuk mendapatkan diskon-diskon serta keuntungan lainnya. Sekali lagi Hidup Diskon! Apalagi hidupnya dengan status student, Hahaha... Contohnya Amazon, Tesco, bahkan NUS dan lainnya. Tinggal googling aja, banyak. Sekalian hunting tempat-tempat belanja murah.
  • Ngurus keperluan akomodasi - ajang urus surat menyurat kontrak persewaan (tenancy agreement) sama ibu kost (landlady) atau bapak kost (landlord) atau petugas akomodasi kampus.

Induction Week !

Ini udah masuk minggu pertama perkuliahan dan diisi dengan penjelasan module belajar, sistem pembelajaran, pengajarnya siapa saja, bahkan tugas-tugasnya sudah dibagikan dari awal,  apa saja yang akan dipelajari, juga ada pengenalan kampus (campus tour) serta sharing dari alumni untuk tips selama belajar.

Reading Week !

Setelah mendapatkan jadwal perkuliahan selama setahun ke depan, akan ada sepanjang minggu kosong yang di isi dengan istilah reading week. Waktu bebas untuk membaca setiap literatur atau referensi buku-buku, jurnal-jurnal, dan lainnya untu memperkaya pengetahuna mengenai materi aja. Memang tidak akan dipantau apakah waktunya benar-benar diisi untuk membaca atau tidak, tapi disini dituntut disiplin diri untuk benar-benar membaca dan memperkaya diri. Take your time lah !

Suasana Belajar Di Kelas !

Setiap mata kuliah memiliki topik khusus dan tenaga pengajar yang berbeda. Beberapa topik akan digabungkan dengan mahasiswa-mahasiswa jurusan lainnya yang memiliki topik yang sama untuk dipelajari. Untuk gedung perkuliahan akan selalu berpindah-pindah, ada yang bentuknya seperti kelas biasa ada pula yang bentuknya macam teather seperti nonton di bioskop.

Beberapa perkuliahan akan di rekam audio atau video-nya, sehingga mahasiswa dapat mengakses kembali pembahasan yang disampaikan oleh dosen melalui aplikasi yang disediakan utk mahasiswa.

Seperti kuliah pada umumnya, dosen akan mengajar menggunakan media slide power point presentasi, beberapa dosen dengan style mengajarnya akan mengajar dengan cara berbeda, bukan hanya dengan one way communication, tapi juga beberapa mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu setiap kelompok diminta menyiapkan materi mengenai salah satu bagian topik yang akan dibahas pada mata kuliah yang diajarkan dosen tersebut dan diakhir perkualiahan dosen tersebut akan membagikan modul ajarnya serta menjelaskan kesimpulan atau mengkoreksi beberapa hal yang perlu dikoreksi dari penjelasan mahasiswa disetiap kelompok. Ini salah satu metode belajar yang menuntut mahasiswa untuk belaar dahulu sebelum materi dijelaskan oleh dosennya.

Dosen lain akan mengajar dengan cara memberi studi kasus serta memainkan permainan-permainan/games yang nantinya memiliki benang merah dengan topik yang akan diajarkan. Bahkan dibuat seperti perlombaan, setiap grup yang mampu menjawab dengan benar akan mendapatkan poin, diakhir perkuliahan grup dengan point tertinggi akan mendapatkan hadiah. Menarik!

Beberapa mata kuliah akan dilengkapi dengan kegiatan field trip yang menyenangkan, karena mahasiswa akan belajar secara langsung di lapangan.

Sama temen2 sekelas dan sejurusan

Edisi fied trip, belajar ke lapangan
Suasana Belajar Di Kelompok !

Beberapa mata kuliah akan memberikan tugas yang diselesaikan secara berkelompok. Sama seperti mengerjakan tugas kelompok pada umumnya, suasana akan menjadi menarik bila bisa saling berkomunikasi dengan baik (termasuk tata cara bicara dan berbahasa). Bisa jadi dalam kelompok akan bertemu dengan mahasiswa yang background-nya seorang professional muda, bapak-bapak, ibu-ibu dan lainnya. Jadi, sebisa mungkin bisa berkomunikasi dan paling penting berkontribusi di dalam kelompok. Tidak hanya duduk diam mendengarkan atau cuman mampu bilang iya-iya aja. Karena ini kesempatan melatih diri menyampaikan pendapat dan juga mengambil peran. Minimal bikin slide presentasi, literatur review atau ngga jadi presenter mewakili kelompok mempresentasikan hasil diskusi. heyaaaa !!


Sama temen2 sekelompok nugas
Fasilitas kampus penunjang studi  yang "sesuatu"!

Kalau ini penting banget untuk segera di explore informasi dan manfaatnya dibulan bulan pertama. Agar bisa dimaksimalkan selama studi, karena kalau terlambat tau ada fasilitas-fasilitas yang disiapkan, maka manfaatnya sejak awal studi akan berkurang, jadi sayang aja gitu...

Contohnya akses ke library dan mendapatkan peminjaman buku, jurnal, e-book, e-journal dan lainnya, peminjaman komputer dan laptop, fasilitas printing, copying dan lainnya. Nah penting juga untuk pelajari proses penggunaan fasilitasnya bagaimana, ada yang free ada juga yang harus masukin deposit dulu, trus harus urus2 aktivasi kartu/akses.

Berbagai macam toko-toko, cafe-cafe, kantin-kantin dan berbagai jenis jualan lainnya lengkap juga di-sekitar kampus. Kalau mau janjian, nongkrong-nongkrong, meeting-meeting, gag usah jauh-jauh keluar kampus.

Nah yang doyan olahraga, fasilitas olahraga pun bejibun, pilih aja mau yang mana. Lengkap. Gag cuman lengkap tapi juga Bagus! Kelas olahraga dan juga grup atau komunitas lengkap. Dari yang olahraga mainstream sampe yang Pole Dancing juga ada :D

Disini juga disediakan yang namanya Personal Tutor, kaya dosen pembimbing, tapi ini bukan dosen pembingbing buat skripsian, tapi dosen khusus utuk membantu mahasiswa untuk beberapa kendala yang dihapai selama perkualiahan.

Fasilitas lainnya yang menurut saya sangat membantu adalah fasilitas berbasis website, dimana semua informasi bisa diakses di intranet yang hanya bisa diakses oleh staff dan student. Mahasiswa juga diberikan alamat email khusus yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan grup dan juga dosen2. Aplikasi berbasis mobile aplikasi pun juga bisa diakses. Kalau disini namanya Canvas, mahasiswa bisa update informasi apa saja, tugas2, materi belajar, rekaman ngajar, submit tugas dan juga tempat untuk mengetahui nilai yang diperoleh berapa aja. Jadi tiap harinya kudu buka ini website dan email studentnya. Kalau gag, ketinggalan britalah.

Fasilitas umum lainnya ya kaya bantuan IT dan juga disediakan satu gedung khusus untuk mahasiswa bisa meminta bantuan terkait administrasi, misalnya minta surat rekomendasi dll, service-nya kaya di-bank, ada antriannya, meja-meja costumer service-nya. Sesuatulah pokoknya service disini.

Library tempat paling Hits !

 Library disini keren banget. Disini, library udah jadi tempat yang paling hits, udah kaya mall saking banyaknya orang-orang, tiap jam penuh mulu sama mahasiswa-mahasiswa, dan ini merupakan pemandangan yang cukup menarik untuk dilihat atau langka kali di tempat kita. Karena semua antusias kesini dengan segala fasilitasnya. Ada cafe juga disediakan jika butuh break dari tugas dan butuh rehat sejenak dr library. Proses peminjaman bukunya juga canggih, ada map online kalau mau cari tau buku yang kita pinjam ada di rak mana, dan ya gitulah.. Bagus...24 jam lagi...

Salah satu gambar dalemn-ya library, space buat belajar dan ngerjain tugas. Image by Uob
Nih Library-nya, pas mau selesai dibangun, gedung baru banget jadi. Image by UoB
 Academic writing skill !

Ini skill yang sangat dituntut untuk dikembangkan selama studi, karena kerjaannya akan banyak bikin essay beribu-ribu kata, dimana gag asal nulis aja, tapi ada tata cara tatanan penulisan yang dikenal dengan academic writing. Di awal perkualiahan akan banyak kelas dan juga sesi-sesi membahas terkait academic writing bahkan juga ada jadwal khusus sebagai tambahan untuk meningkatkan kemampuan menulis. Perlu rajin-rajin belajar dan banyak menulis nih, biar nanti waktu bikin tesis atau disertasi udah terbiasa dengan pola penulisannya.

Society dan Kegiatan lainnya !

Selain mengikuti perkuliahan dikampus, penting juga tau soal kegatan-keiatan lainnya diluar perkuliahan seperti kegiatan-kegiatan yang dinaungi oleh berbagai macam society. Dari mulai komunitas olahraga, keagamaan bahkan yang memiliki hobby-hobby unik. Misal : penyuka buku dan film mengenai Harry Potter. Nah, ada tuh komunitasnya. Dan lain-lainnya.

Disini juga banyak kegiatan seminar, workshop gratis dari berbagai macam jurusan dan terbuka untuk umum. Jadi bisa dimanfaatkan waktu senggangnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sesuai minat.

Buat International Student, banyak banget ditawarin kelas gratis belajar bahasa Inggris, bahkan disediakan tutor yang standby buat ditemuin kapan aja selama 30 menit. Informasinya selalu di update di email dan juga website. Service buat International Student, okelah...

Engage sama temen serumah !

Dari awal memang sengaja milih rumah atau nyewa rumah yang penghuninya dari berbagai macam negara, alasannya sederhana aja sih, selain membangun networking dengan teman-teman berbeda negara juga mempertahankan agar balik rumah tetap bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing, biar sekalian mempertajam kemampuan juga belajar budaya-budaya temen serumah.

Teman serumah asik-asik, jadi serumah lengkap dari Botswana, Polan, Netherlands, UK, Indonesia.
Tingkahnya juga macem-macem, tapi baik semua....

Sama temen2 serumah *Pizza Party*
Cari info tempat beli2 murah dimana !

Sebagai mahasiswa yang merantau dinegeri orang dimana harga-harganya selangit, maka penting untuk mencari tahu tempat dimana membeli barang-barang murah yang masuk kantong mahasiswa di bulan-bulan pertama, agar tidak langsung bolong dompetnya bahkan jebol. Serta buat mahasiswa yang lidahnya nasional banget macam saya, agak menahan diri untuk makan-makanan seperti kangkung, tempe, tahu, kacang panjang, bisa sesekali hanya saja terlalu mahal kalau tiap hari. *nangis...* , jadi jangan heran kalau mahasiswa kudu selera kebarat-baratan makan roti dll, karena lebih murah. Mak.. kangen banget lah makan sayur Indonesia. Yang masih bisa makan makanan Indonesia, maka makanlah dengan nikmat dan bersyukurlah, belilah sayur di pasar-pasar tradisional, bantu-bantu petani dan pedagang di pasar. Nikmatnya tak tertandingilah makanan Indonesia.
Mahalnya yoloh ini apaan... *nangis*

Disini banyak toko-toko charity yang menjual barang-barang bekas (tapi masih bagus banget), bermerek dan jangan bayangkan barangnya kumel dekil dan bernoda, haha.. Bahkan kelihatannya masih baru, wangi dan diberi label charity-nya, ini biasanya untuk men-support berbagai macam gerakan atau komunitas seperti charity untuk cancer. Silahkan bisa dicari-cari ditempat-tempat terdekat. Banyak juga toko-toko yang menjual bahan makanan selera asia, cuman ya harga gag kaya di Indonesia.

Contoh toko charity-nya

Contoh baju-bajunya, harganya 4 pound, kalau dirupiahkan sekarang skitar 60-70ribuan.
Nah... segitu dulu edisi kisah hidup seorang mahasiswa di bulan pertama.
Semoga bisa terbayang-bayang suasana disini.... :)))) 
Dan bisa-bisa mengira bedanya gimana di tempat lain. 

Semoga kita juga (udah) punya yang bagus-bagus kaya disini fasilitasnya.

Salam Pejuang,
Buchu
@kamarkost, Birmingham-UK.

1 comment:

  1. Excellent Article in property field. Given information is really useful. Will share this article and also request the author to post such for articles. For information on Jakarta, Indonesia properties visit flokq (rent apartment south jakarta).

    ReplyDelete

Powered by Blogger.